DUSUN SEHAT IN ACTION

YOGYAKARTA. Pasca Launching Dusun Sehat Kauman, di wilayah Integrated Community Development Banguntapan, Bantul pekan lalu, warga dusun sangat antusias dalam program Shodaqoh Sampahnya. Tidak dipungkiri peran aktif dari pamong dalam hal ini masing-masing ketua RT menjadi faktor pengaruh yang besar.

Selain itu, tiap-tiap rumah tangga yang sudah dibagikan tas pilah untuk sampah kertas dan plastik juga sudah terlaksana dengan baik. Tim pengurus dari setiap TPSS (Tempat Penampungan Shodaqoh Sampah) juga sudah siap “beraksi” untuk shodaqoh sampah. Agenda pendampingan Tim Rumah Zakat cabang Yogyakarta untuk warga Kauman pun tengah dirapikan, sehingga informasi progress dari program akan selalu update.

Penggunaan nama Mawar Asri (jawa : Makaryoning Warga Agawe Sehat, Resik lan Indah) sepertinya akan menjadi jiwa warga Kauman untuk berperilaku sehat. Hal tersebut secara perlahan akan menjadi mindset dan berpengaruh keberlangsungan dan kesuksesan program. Selain itu program ini dicetuskan, sesuai dengan kebutuhan warga setempat.

Kedepannya, hasil dari shodaqoh sampah ini dapat dialokasikan untuk pembiayaan kegiatan-kegiatan terkait kesehatan warga. Hasil pengelolaan sampah organik yang sedang diinisiasi juga dapat dijadikan modal penghijauan dusun, kebun organik dusun. Semoga, program ini tidak hanya di dusun Kauman saja, akan tetapi dusun-dusun lainnya dapat melaksanakannya juga. Sehingga kelestarian dan kesehatan lingkungan dapat segera terwujud.***

Newsroom/Ratna Kusumaningsih
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi