EKSPEDISI SUPERQURBAN , 3500 KORNET UNTUK 3000 LEBIH KEPALA KELUARGA DI YOGYAKARTA

ekspedisi-superqurban-3500-kornet-untuk-3000-lebih-kepala-keluarga-di-yogyakartaYOGYAKARTA. Salah satu program RZ di moment Idul Adha adalah program Superqurban yang merupakan program optimalisasi daging qurban yang diolah dalam bentuk kornet untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Program ini sudah berjalan kurang lebih 17 tahun dan merupakan inovasi terbaik dari RZ agar daging qurban bisa lebih memberikan manfaat yang panjang dan luas kepada masyarakat. Hewan qurban dikelola dan disembelih secara syariah pada hari Idul Adha dan Tasyrik. Sementara tulang, kulit, dan jerohan disalurkan ke sekitar lokasi pusat penyembelihan di Probolinggo dan Pasuruan, daging utama diolah menjadi kornet yang siap saji.

Daging qurban yang diolah dalam bentuk kornet ini sangat fleksibel dan praktis dalam penyaluranya. Penyaluran bisa direncanakan jauh hari disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dapat digunakan sebagai tambahan gizi masyarakat mulai dari anak-anak hingga lansia. Sangat praktis untuk disalurkan ke wilayah rawan kekurangan pangan akibat paceklik atau kekeringan serta bencana.

Jelang Idul Adha hingga hari tasyrik tahun ini, RZ Cabang Yogyakarta menyalurkan kurang lebih 3.500 paket kornet Superqurban kepada lebih dari 3000 keluarga di 20 titik yang tersebar di DIY melalui program ekspedisi Superqurban. Wilayah titik penyaluran sudah dilakukan survei terlebih dahulu. Mayoritas daerah penerima manfaat adalah wilayah yang sangat jarang mendapatkan supply daging qurban pada saat Idul Adha, wilayah minus, dan wilayah rawan gizi. Diantara titik yang menjadi lokasi penyaluran adalah Jatimulyo – Kulonprogo, Kalibawang – Kulonprogo, Imogiri – Bantul, Kemadang – Gunungkidul, Tepus – Gunungkidul, Gedangsari – Gunungkidul, Turi – Sleman, Bantaran Kali Code Danurejan.

Kegiatan ekspedisi Superqurban ini dilaksanakan secara rutin di beberapa titik, ada yang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan komunitas tertentu, misal Go-Box, komunitas Radio, komunitas mahasiswa, dll. Kegiatan ekspedisi Superqurban juga dilaksanakan dalam bentuk rangkaian bersama kegiatan yang lain seperti penyuluhan kesehatan, cek kesehatan gratis, bakti sosial, penyaluran pakaian pantas pakai, dll. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar yang menjadi lokasi penyaluran.

Menurut salah satu penerima manfaat dari Kemadang Gunungkidul, Bapak Sarwito (55), “Saya senang sekali bisa dapat kornet daging, bisa sekalian mengobati kaki saya yang pegel-pegel karena sering nyangkul di sawah dan dapat obat gratis dari RZ.”

Lain halnya dengan Amel (9) yang menyatakan baru pertama kali makan daging kornet, “Rasanya enak mbak, dimasak sama Ibu langsung habis dimakan”. Begitulah kisah kesan para penerima manfaat kornet Superqurban.

Newsroom/Warnitis
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi