SEBANYAK 335 PM TERLAYANI DI DESA TANJUNG MENANG, KOTA PRABUMULIH

RZ_PGNJPG2PALEMBANG. Mobil Sehat PGN Palembang bersama Rumah Zakat cabang Palembang kembali beraksi di salah satu wilayah Sumatera Selatan, yaitu Desa Tanjung Menang Kota Prabumulih. Aksi dilaksanakan Rabu (8/5), di SD 64 Desa Tanjung Menang. Mayoritas pekerjaan warga Desa Tanjung Menang adalah sebagai petani karet.  Total Penerima Manfaat (PM) dalam aksi layanan Mobil Sehat PGN Palembang di Desa Tanjung Menang, Kota Prabumulih sebanyak 335 orang.

Tim yang ikut berpartisipasi dalam aksi layanan kali ini berjumlah 18 orangterdiri dari: 2 dokter umum, 2 orang dokter gigi, 1 bidan, 3 perawat, 2 apoteker, 2 driver dan 6 relawan Rumah Zakat. Layanan yang diberikan kepada warga berupa: pemeriksaan kesehatan, pengecekan kolesterol, pengecekan gula darah, pemeriksaan tekanan darah, pengobatan gigi, pemeriksaan kehamilan serta pemberian makanan tambahan bagi balita, dan anak-anak.

Sebelum aksi layanan kesehatan dimulai, terlebih dahulu dilakukan penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih, dan Sehat oleh salah satu dokter. Banyak diantara warga Desa Tanjung Menang yang belum mengetahui arti PHBS dan seberapa pentingnya PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menambah minat dan antusias warga setelah penyuluhan dilakukan sesi tanya jawab, warga yang bisa menjawab pertanyaan dan memberikan pertanyaan yang paling tepat akan diberikan doorprize.

Beberapa penyakit yang paling banyak diderita warga yaitu: hipertensi, ISPA, cephalgia, athralgia, dermatitis, gangguan penglihatan, infeksi luka, gangguan pendengaran dan sebagainya. “Saya sangat senang bisa berobat gratis. Alhamdulillah saya sudah beberapa kali mengikuti layanan berobat gratis yang diberikan  PGN bersama Rumah Zakat ini,” ungkap Ningkasmiati (28 ) salah seorang warga Desa Tanjung Menang, Kota Prabumulih. “Berkat adanya pengobatan gratis ini, gigi saya yang sudah di cabut tidak terasa lagi sakitnya,” ujar Rosi (7 ) salah satu anak yang melakukan pengobatan gigi.***

Newsroom/Kandri
Palembang

Tags :
Donation Confirmation