HARI PENGLIHATAN MATA SEDUNIA, CITA SEHAT DAN RZ AJAK ANAK JAGA KESEHATAN MATA SEDARI DINI

hari-penglihatan-mata-sedunia-cita-sehat-dan-rz-ajak-anak-jaga-kesehatan-mata-sedari-diniPEKANBARU. Pada (08/10) dalam rangka menyambut hari penglihatan mata sedunia, Tim Cita Sehat Foundation (CSF) bersama RZ menggelar Siaga Sehat PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) mengenai kesehatan mata di kota Pekanbaru.

Tema yang diangkat kali ini yaitu mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini” dengan tujuan, anak-anak mulai dari tingkat Sekolah Dasar sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Materi ini sangat penting untuk disampaikan, merujuk pada Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2013 yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan mengemukakan bahwa jumlah kebutaan dan low vision pada anak-anak rentang usia 5-12 tahun mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Kali ini Tim Cita Sehat bersama RZ menyambangi 2 Sekolah Dasar di kota Pekanbaru tepatnya di SD Negeri 23 Gading Marpoyan dan SD Negeri 13 di wilayah binaan Pulau Karam. Sebanyak 500 siswa dari masing masing Sekolah Dasar menjadi peserta pada kegiatan kali ini.

Sebelum sosialisasi dimulai, para siswa melaksanakan senam sehat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan semangat dalam mengikuti kegiatan selanjutnya. Setelah itu, tim Cita Sehat bersama RZ yang diwakili oleh perawat Umi dan perawat Yesi mulai menyapa para peserta.

Setelah konsentrasi para siswa terfokus, mulailah kedua perawat tadi menyampaikan materi. Mulai dari penjelasan tentang organ mata, cara berfungsinya, lalu kebiasaan buruk apa yang dapat mengakibatkan rusaknya mata.

“Siapa yang mau kedua matanya sehat dan berfungsi dengan baik?”, tanya perawat Yesi kepada anak-anak yang langsung dijawab dengan ucapan “Ya” dan acungan tangan mereka dengan kompak.

Kegiatan penyampaian materi berlangsung dengan lancar dan komunikatif. Berbagai pertanyaan dilontarkan para siswa. Dengan sabar dan tak kalah bersemangat, perawat Umi dan Yesi pun menjawabnya satu per satu. Kegiatan diakhiri dengan pemberian makanan tambahan berupa roti.

“Mulai sekarang, saya akan berhenti baca buku di tempat yang kurang cahaya, kadang saya bacanya terlalu dekat. Ternyata (kebiasaan) itu gak baik buat mata Ridho saat dewasa nanti. Terima kasih RZ dan Cita Sehat sudah datang ke sekolah kami.”, tutur Ridho (9), salah satu peserta kegiatan.

Yuliani (56) selaku Kepala Sekolah SDN 23 pun mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Cita Sehat dan RZ yang sudah berbagi ilmu kepada siswanya. Semoga program ini berjalan semakin baik dan semakin banyak sekolah yang mendapat ilmu.

Newsroom/Nurul Rahayu
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi