MENGHAFAL AL-QURAN, MENJADI MATERI PELATIHAN GURU SD JUARA PEKANBARU

PEKANBARU. MENGHAFAL AL-QURAN, MENJADI MATERI PELATIHAN GURU SD JUARA PEKANBARUPada hari Sabtu (16/04) dilaksanakan pelatihan untuk guru SD Juara Pekanbaru cara menghafal Al-Quran. Kegiatan yang diikuti oleh guru ini dilaksanakan di salah satu ruang belajar sekolah. Agenda dimulai dari pukul 09.00 sampai 11.00. Pemateri pada pelatihan ini adalah ustad Royan Al Hafidz, beliau adalah pimpinan pasantren baitul quran wilayah Riau dan Sumsel.

Kegiatan tersebut dibuka oleh pak Bayu selaku bagian Kurikulum yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan bersama Ustad Royan. Beliau menjelaskan bahwa guru sebagai SDM pendidik harus memiliki cara berfikir mampu dan bisa dalam melakukan pendidikan Al Quran kepada siswa dalam menghafal Al-Quran.

Beliau mengatakan bahwa sebagai bangsa Indonesia kita adalah bangsa yang unggul tapi yang terjadi sekarang adalah rasa tidak percaya diri akan kemampuan. Beliau mengatakan ia mendapatkan penjelasan dari seorang guru beliau yang menjadi konsultan pendidikan di Amerika bahwa bangsa Indonesia memiliki keunggulan dari SDM dan SDA sehingga ini yang harus kita perbaiki, cara berfikir baik sebagai tenaga pengajar maupun sebagai pribadi.

“Ada beberapa hal yang harus kita miliki, pertama harus memiliki keyakinan bahwa Al Quran merupakan petunjuk, penyembuh dan lainnya dan itu harus kita aplikasikan dalam kehidupan. Kedua berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan. Ketiga memiliki komitmen terhadap Al Quran contoh memiliki waktu khusus bersama Al-Quran. Keempat bersahabat bersama Al Quran dan kelima bersungguh-sungguh dalam menghafal dan bersabar,” papar ustadz Royan.

Pelatihan yang diikuti dengan antusias oleh peserta pelatihan karena selain untuk kebutuhan diri tentu penting karena juga di SD Juara Pekanbaru setiap siswa lulusan memiliki kemampuan membaca Al Quran yang baik dan hafal juz 30. Setelah meberikan materi Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan foto bersama di depan kelas.

“Alhamdulillah selain ilmu yang diberikan berupa cara menghafal Al Quran, pelatihan ini mengambalikan semangat akan menghafal AL Quran dan berseungguh-sungguh dalam mengajar Al Quran,” ungkap Pak Taufik Guru kelas.***

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi