PANEN PERTAMA TERNAK LELE BINAAN RUMAH ZAKAT MENGHASILKAN 845 KILOGRAM

SUMATERA. Ternak lele binaan Rumah Zakat di Pantai Cermin Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera utara, mampu menghasilkan lele sebanyak 845 kilogram pada panen perdananya. Hasil ternak lele yang banyak ini memberikan motivasi besar bagi peternak binaan Rumah Zakat.

Bibit lele Burma masuk di kolam penangkaran pada tanggal 20 Oktober 2017, dan panen pada hari Sabtu (06/01/2018). Usia lele sekitar 2 bulan 16 hari dengan ukuran bervariasi, paling besar mencapai 2,5 ons per ekornya.

Periode pertama, bibit yang disebar dalam penangkaran sebanyak 8000 ekor. “Angka kematian lele dalam penangkaran masih tinggi, karena para peternak masih dalam tahap belajar. Terkadang sering terjadi kesalahan dalam perawatan termasuk saat memilih dan memindah lele ke kolam yang lebih besar, banyak lele yang menjadi stress. Namun, dari hasil panen dapat memberikan motivasi dan rasa puas atas usaha selama ini,” ungkap Hafizham selaku fasilitator Rumah Zakat.

“Lele burma ini juga menjadi minat dan daya tarik tersendiri bagi warga. Selain perawatan nya yang tak begitu rumit tampilan dari lele sendiri putih dan bersih berbeda dengan jenis lele yang ada pada umumnya,” tambahnya.

Suparnoto peternak binaan Rumah Zakat, merasa senang atas hasil panen lele miliknya. “Terima kasih atas bantuan Rumah Zakat yang telah membina dan memberikan pelatihan. Saya akan terus berusaha keras, hingga mampu mengembangkan usaha lele. Saya akan ajak warga lain untuk beternak dan membuka lapangan pekerjaan baru di desa,” ungkapnya.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Sumatera

Tags :
Konfirmasi Donasi