PELAJARI SEJARAH, SISWA SMP JUARA PEKANBARU OUTING KE MUSEUM SANG NILA

pelajari-sejarah-siswa-smp-juara-pekannbaru-outing-ke-museum-sang-nilaPEKANBARU. Pada (27/9) Siswa kelas VII SMP Juara Pekanbaru melakukan kegiatan kunjungan edukasi ke Museum Sang Nila Utama, Provinsi Riau. Kegiatan yang diikuti siswa kelas VII Madinah dan VII Alexandria ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa tentang peninggalan sejarah dan menambah rasa cinta tanah air terhadap perjuangan para pahlawan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 90 menit ini diikuti oleh 49 siswa dan 3 Orang guru pendamping. Adinda yang merupakan peserta dalam kegiatan ini menyatakan,”Disini kami sangat senang, karena banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa kami lihat dan pelajari, mulai dari pakaian zaman dahulu hingga  binatang zaman dahulu yang bangkainya diawetkan”, Ujarnya.

Kegiatan Outing ini adalah bagian dari belajar IPS. Harapan dari kegiatan ini siswa akan semakin dekat dengan peninggal sejarah. Kegiatan Outing merupakan kegiatan belajar yang dilaksanakan diluar kelas biasanya. Banyak tempat yang sudah menjadi tempat yang dikunjungi seperti Museum, Perpustakaan, LP, kebun, Taman, dan banyak lagi. Setelah melakukan kunjungan outing siswa akan membuat laporan secara tertulis atas kunjungan yang dilakukan.

Menurut kepala sekolah Syahrul Padilah, S.Pd, kegiatan akan membawa dampak positif bagi siswa. “Siswa akan semakin mengetahui realitas yang terjadi di lapangan, inilah yang dinamakan dengan pembelajaran kontekstual yang diterapkan dalam kurikulum K.13.” ungkap Syahrul.

Kegiatan Outing diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari SMP Juara Pekanbaru kepada pihak Museum Sang Nila. Kegiatani ini disambut dengan senang hati oleh petugas. Kegiatan outing akan dilaksanakan sekali dalam sebulan di tempat yang berbeda-beda nantinya.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi