PEMBINAAN WIRAUSAHA: AJAK MEMBER BINAAN HIJRAH DARI PEDAGANG KE PEMBISNIS

SURABAYA. (22/04) Sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan member pemberdayaan usaha binaan, HSBC menggandeng Rumah Zakat mengadakan Pembinaan Wirausaha. Acara yang digelar di warkop Demokrasi Jl. Wonocolo No. 19, Surabaya ini dihadiri 15 orang Member binaan wirausaha HSBC dan Rumah Zakat.

Founder EVRAWOOD, Veldi dihadirkan untuk mengisi kegiatan kali ini, ia pun memberikan materi seputar kewirausahaan dan juga mengajak para member binaan untuk hijrah dari Pedagang menjadi Pembisnis.

“Jika berdagang sifatnya adalah ambil untung instan dan temporal sekali, maka berbisnis itu sifatnya jangka panjang sehingga membutuhkan visi yang jauh ke depan.” ujarnya.

Menurut Veldi memang, berdagang maupun berbisnis tetap saja menghasilkan uang. Namun sebenarnya ada perbedaan yang sangat mendasar dari keduanya. Akibat dari salah pengertian ini, banyak sekali para pelaku bisnis yang salah tujuan. Mereka menganggap berbisnis sama saja dengan berdagang, sehingga mindset pun diatur layaknya seorang pedagang, bukan pebisnis. Akhirnya usaha yang dirintis pun tidak jauh berbeda dengan system toko sembako yang hanya mementingkan untung rugi hari ini. Bukan tujuan masa depan melakoni bisnis. Seorang pebisnis tidak ragu untuk mengambil resiko karena ia tahu ia pasti akan mengalaminya. Sedangkan seorang pedagang apabila sudah “kepenak” ia sama sekali tidak tertarik melakukan trobosan-trobosan baru untuk usahanya.

Fasilitator Rumah Zakat, Cahyo menambahkan bahwa Hijrah pedagang ke pebisnis sengaja diangkat menjadi tema dalam kegiatan ini dengan tujuan agar para member binaan ini mulai berhijrah membuka wawasan dan bisa mulai mengubah mindset usahanya dari seorang pedagang menjadi seorang pebisnis.

“Disadari memang hal itu tidaklah mudah akan tetapi ketika member bisa komitmen untuk berubah, bukan tidak mungkin hal itu akan terwujud nantinya.” Pungkas Cahyo.

Newsroom
Nurul / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi