PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL DENGAN PANEN SAMPAH

SAMARINDA. (21/02) Bank Sampah Wiraswasta di Desa Berdaya Sidodadi adalah bank sampah binaan Rumah Zakat yang berlokasi di Jl.Wiraswasta Gang H.Mustam 2 Rt. 15 Kel.Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu.

Bank Sampah Wiraswasta (BSW) adalah salah satu bank Sampah aktif dari 26 bank Sampah yang ada di Kota Samarinda yang tergabung dalam komunitas Bank Ramli (Ramah Lingkungan), berdiri sejak tahun 2014 hingga sekarang masih eksis melakukan penimbangan rutin setiap pekannya dengan jumlah transaksi penimbangan 8-10 nasabah dari 100 nasabah terdaftar.

Dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, para pengurus BSW melakukan Panen Raya sampah. Kegiatan dimulai dari pagi hari, merapikan semua sampah yang siap dipanen untuk disetorkan ke pengepul karena gudang juga sudah penuh, sementara sore harinya akan ada penimbangan kembali. Meskipun pengurusnya semua ibu ibu dan hanya 3 orang yang aktif tidak menyurutkan semangat para pengurus untuk terus bisa mengelola BSW dengan baik.
Sampah yang siap dipanen dan disetorkan ke pengepul sebanyak 362 Kg sampah yang terdiri dari sampah botol, gelas, dus, kertas dan lainnya.

“Alhamdulillah selama bank sampah ini berdiri banyak memberikan manfaat bagi warga sekitar dan khususnya bagi kami para pengurus. Senang bisa menjadi bagian dari kegiatan sosial ini, bisa bersilaturahmi di tiap pekannya dengan orang yang berbeda. Dulu rame sekali orang nimbang, sekarang sudah berkurang, semoga berkurangnya nasabah yang melakukan penimbangan menandakan kalau sampah juga sudah berkurang. Harapan kami, semoga dengan peringatan Hari peduli Sampah Nasional hari ini, warga masyarakat lebih peduli lingkungan dan semoga kelak kita bisa punya bank sampah induk, atau minimal Kami bisa punya gedung sendiri dulu deh” tutur Ketua Bank Sampah penuh harap.

Kegiatan selanjutnya di sore harinya adalah penimbangan, hari Rabu jam 16.00 Wita adalah jadwal rutin penimbangan, seperti biasa para pengurus akan melakukan penimbangan dan pemilahan sampah dari transaksi para nasabah. Ibu Sutilah adalah salah satu nasabah aktif yang rutin tiap pekannya melakukan transaksi penimbangan sampah, dan sangat merasakan manfaatnya selama bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Wiraswasta.

“Selama ada bank sampah ini yah Alhamdulillah, terasa sekali manfaatnya, kalau mau buang sampah itu jadi mikir dulu. Dipilah pilah yang bisa disetorkan yah disetor di bank sampah. Uang nya sering sekali membantu kalau lagi kepepet butuh uang gitu ada yang bisa diambil tabungannya di bank sampah, meskipun sedikit tapi sangat membantu. Kalau hari ini ada peringatan Hari Peduli Sampah, saya loh setiap hari Rabu peduli sampah” tutur ibu Sutilah sambil tertawa.

Semoga dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan dan bijak dalam mengelola sampah, bukan hanya pengurus dan nasabah, tetapi semua warga masyarakat ikut terlibat.

Newsroom / Asih
Samarinda

Tags :
Konfirmasi Donasi