PROGRAM PETERNAK BERDAYA DI DESA BERDAYA KALIJERING

PURWOREJO. Kamis (23/08) Salah satu Program Rumah Zakat di desa Berdaya adalah program Peternak Berdaya, dengan kegiatan diantaranya berupa pemberdayaan peternak dengan potensi lokal. Untuk desa berdaya Kalijering Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo pemberdayaan peternak dilakukan melalui budidaya itik manila atau masyarakat mengenalnya sebagai Enthok.

Diawali dengan pelatihan kewirausahaan yang di adakan oleh Fasilitator Rumah Zakat, di bangunlah mindset Berwirausaha yang mandiri, berawal dari petani dan berakhir untuk petani.

Pelatihan budidaya enthok ini di laksanakan di rumah Kepala Desa Kalijering Bapak Kasimun. Dihadiri oleh Kepala Desa Desa Kalijering, sekretaris desa, kaur perencanaan dan penerima manfaat.

Pelatihan ini dipandu oleh Ir. Sutoyo selaku PPL Wilayah Binaan Kalijering sekaligus narasumber. Pelatihan ini di juga dilakukan sesi tanya jawab dan peluang peluang bisnis yang bisa diakses oleh peternak termasuk jaringan pemasaran.

“Kami sangat berterima kasih, bangga senang dan bahagia mas karena Rumah Zakat bisa hadir membersamai kami peternak yang berada dipelosok ini. Bagaimana tidak fasilitator dan rumah zakat datang membawa program yang insyaallah sangat bermanfaat dan sangat kami butuhkan mas,” ujar Kasimun, Kepala Desa Kalijering mewakili penerima manfaat.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Ir. Sutoyo, Ia sangat berterima kasih kepada Fasilitator dan Rumah Zakat karena dengan program ini bisa mengangkat perekonomian peternak di Desa Kalijering sekaligus selaras dengan program dinas pertanian Kabupaten Purworejo dalam hal pemenuhan gizi keluarga sebagai dasar ketahanan pangan di Kabupaten Purworejo.

“Semoga program ini bisa terus berkelanjutan sehingga nantinya Desa Kalijering Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo bisa dikenal sebagai kampung enthok dan pusat enthok dikecamatan Pituruh dan Purworejo,” ujarnya.

Newsroom
Yanta / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi