RELAWAN RZ BANTU KORBAN TERDAMPAK BANJIR BANDANG CICURUG SUKABUMI

RELAWAN RZ BANTU UNTUK KORBAN TERDAMPAK BANJIR BANDANG CICURUG SUKABUMISUKABUMI. Kamis (16/06) Relawan RZ Sukabumi menyalurkan bantuan untuk warga yang terkena dampak musibah banjir bandang yang melanda di beberapa desa Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Musibah yang terjadi pada Selasa, 14 Juni 2016 lalu ini menyisakan kesedihan bagi warga.

Sebagian warga mengungsi di posko darurat yang didirikan oleh BPBD Kabupaten Kota Sukabumi bertempat yang didirikan di Pondok Pesantren Al-Amin Desa Nanggerang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dan ada juga yang mengungsi dirumah kerabat.

“Semoga bantuan ini bisa membantu persediaan makanan bagi korban banjir di waktu sahur dan berbuka puasa. Mengingat banyak korban yang belum bisa melakukan aktivitas memasak di rumahnya.” Ungkap Kinang, Koordinator Relawan RZ Sukabumi.

“Selain mengungsi di posko, sebagian warga juga ada yang mengungsi di rumah tetangga dan kerabat mereka. Hal ini disebabkan kondisi rumah mereka yang masih dipenuhi lumpur dan rusak di beberapa bagian. Bencana banjir kali ini diduga paling parah dari sebelumnya.” tambah Kinang.

Usai penyerahan bantuan di posko, kami mengunjungi rumah-rumah warga yang terkena dampak banjir sekaligus mencari tahu mengenai kronologis bencana itu datang.

“Waktu itu sekitar pukul 16.30 hujan mengguyur deras, biasanya air di sungai tidak meluap tapi ini sama sekali tidak saya sangka menjelang magrib air sungai mencapai 2 meter. Perabotan di rumah saya melayang terbawa air. Saya tidak kepikiran menyelamatkan barang-barang, saya utamakan selamatkan anak-istri saya ke tempat yang lebih tinggi, waktu itu kejadiannya pas mau buka puasa. Warga benar-benar khawatir” tutur Ali, salah satu warga yang menjadi korban bencana banjir.

Dzikri, salah seorang anak yang terkena dampak musibah tersebut menuturkan bahwa dirinya tidak bias berbuat apa-apa, demikian juga dengan ibunya, hanya bias menangis melihat rumahnya hanyut terbawa banjir.
Relawan mencoba berbagi keceriaan kepada anak-anak dengan menghibur mereka bermain kuis.

“Terima kasih Rumah Zakat.” tutur anak-anak dengan ceria.

Sekembalinya ke posko, relawan ikut serta dalam mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa bagi para korban banjir. Kabar terakhir dari BPBD Kabupaten Sukabumi saat ini bertambah data korban mengungsi bencana banjir Cicurug yakni 165 KK dengan 725 jiwa. Semoga semakin banyak bantuan yang datang. Berdasarkan paparan Tim BPBD Kasi Logistik Bergerak, warga membutuhkan bantuan sembako, perabotan rumah, pakaian, terfokus pada sandang dan pangan.

Newsroom/Anto
Sukabumi

Tags :
Konfirmasi Donasi