RELAWAN RZ SUKABUMI : PERDANA ADAKAN PELAJAR SIAGA BENCANA

RELAWAN RZ SUKABUMI PERDANA ADAKAN PELAJAR SIAGA BENCANASUKABUMI. Sabtu (4/2) Relawan Rumah Zakat Sukabumi untuk pertamakalinya melaksanakan Pelajar Siaga Bencana yang dilaksanaka di salah satu sekolah yaitu MTs. YASMIN (Yayasan Swadaya Muslimin Sukabumi). Terletak di Jl. K.H. Ahmad Sanusi Kelurahan Karantengah Kecamatan Gunugpuyuh Kota Sukabumi.

Pelatihan yang dimulai pukul 08:00 – 11:00 WIB ini diikuti oleh sekitar 50 siswa/siswi dan di bimbing oleh 6 orang Relawan. Pelatihan Pelajar Siaga Bencana ini bertemakan tentang bencana alam Gempa Bumi yang disampaikan oleh Relawan RZ, yaitu Pak Dedi dan Pak Zainal. Materi yang disampaikan mengenai Pencegahan dan Penanggualangan Gempa Bumi yang dilakukan pada saat di sekolah. Mengingat beberapa waktu terakhir ini terjadi gempa di Kota Sukabumi.

Tidak hanya itu siswa-siswi juga diberi pengetahuan tentang bencana alam berupa banjir, longsor dan pergerakan tanah yang kerap terjadi.

Meski ditemani hujan rintik sejak pagi, para siswa siswi tampak sangat antusias mengikuti pelatihan, terlebih ketika simulasi Gempa Bumi dilaksanakan. simulasi dilakukan sebagai latihan sekaligus praktek dari materi yang sudah disampaikan sebelumnya.

Fika dan M. Yusuf, dua orang siswa MTs. YASMIN pun menyampaikan tanggapan dan terimakasih atas kegiatan yang telah dilakukan. “Terima kasih kakak Relawan Rumah Zakat Sukabumi untuk ilmunya hari ini. Yusuf merasa senang sekaligus menjadi tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa di sekolah.” tutur M. Yusuf, siswa kelas VIII MTs Yasmin.

“Ternyata ketika gempa kita tidak boleh panik, harus tetap tenang dan keluar ruangan menuju lapangan terbuka dengan tertib. Sambil dzikir lebih membuat hati tenang. Terima kasih kakak relawan kegiatan hari ini menyenangkan dan kami mendapat ilmu baru” ucap Fika perwakilan dari OSIS MTs Yasmin.

Pak Usman, S.Ag., M.Si selaku Kepala Sekolah MTs Yasmin menyampaikan rasa terima kasih kepada para relawan atas program Pelajar Siaga Bencana yang telah diadakan di sekolah.

“Program ini sangat baik. Kami mendukung terselenggaranya Pelajar Siaga Bencana di sekolah-sekolah lain agar menciptakan pelajar tanggap bencana di sekolahnya masing-masing. Semoga ilmunya bermanfaat. Terima kasih Relawan Rumah Zakat Sukabumi. Sukses untuk Relawan Rumah Zakat Sukabumi.” tutupnya.

Dengan kegiatan diharapkan semakin banyak pelajar yang tanggap akan bencana alam yang sewaktu-waktu datang tanpa dketahui.

Newsroom/Sandi

Sukabumi

Tags :
Konfirmasi Donasi