RIRIN AKHIRNYA BISA MUDIK LEBARAN

BANJARMASIN. Pendayagunaan Zakat dan Sedekah secara produktif dapat memberdayakan para mustahik secara efektif. Rumah Zakat berupaya memfasilitasi kemandirian masyarakat dan berbagi energi kebahagian melalui program Senyum Mandiri, yaitu bantuan kewirausahaan.

Pada pertengahan Ramadhan atau pekan ketiga bulan Juni 2017 ini, Rumah Zakat telah menyalurkan modal usaha kepada 3 orang Penerima Manfaat di kota Banjarmasin. Salah satu penerima manfaat tersebut adalah Ririn. Rasa penuh syukur tampak diungkapkan oleh Ririn (37th) dengan wajah yang berseri-seri. Ia berjanji modal usaha yang diterimanya akan digunakan sebaik-baiknya untuk usaha peyek dan pengembangan usaha catering setelah Ramadhan.

“Sejak usaha di Jawa bangkrut, kami merantau dari kota Malang ke Kalimantan,  hampir tidak ada bekal yang dibawa. Sampai orang Banjarmasin ada yang ngasih piring dan kompor saking kasihannya. Kami terus berupaya membuka usaha kecil-kecilan dan alhamdulillah ketemu Rumah Zakat. Sekarang Alhamdulillah usaha kami makin berkembang” ungkapnya.

Ririn bercerita pada bulan ini banyak menerima order katering dan bisa mencapai omset hampir 18 Juta rupiah. Ia juga bisa memberdayakan dua tetangganya yang dijadikan tim untuk mengelola usahanya. “Alhamdulillah mas, tahun ini saya bisa mudik lebaran ke Jawa. Sudah kangen sama anak saya yang kini tinggal bersama neneknya,” ungkapnya.

Rasyid, fasilitator Rumah Zakat Banjarmasin mengungkapkan, selain penyaluran modal usaha, bulan ini juga ada pendampingan perbaikan kualitas usaha dan pemasaran. Misalnya dengan tools pemasaran seperti kartu nama dan brosur, diharapkan usaha mereka lebih dikenal masyarakat hingga akhirnya meningkatkan omset mereka. Pendampingan kepada mereka adalah yang paling penting, setidaknya mereka tidak merasa berjuang sendirian.

Newsroom/Dian Ekawati

Banjarmasin

 

Tags :
Konfirmasi Donasi