RUMAH ZAKAT BORONG BERBAGI KERIPIK KAKEK SURYONO

 

RUMAH ZAKAT BORONG BERBAGI KERIPIK KAKEK SURYONOMEDAN, Kamis,  (23/02), Komite Relawan Nusantara RZ Medan melaksanakan program BnB (Borong Berbagi) di sekitar Stasiun Bandar Khalifah, Tembung.

Relawan bertemu dengan seorang penjual jajanan, kripik pisang , peyek, dll yang dijual seharga Rp. 5000 per bungkus. Dia adalah kakek Suryono yang saat ini tinggal di JL. Pasar 9 Mama Harvas Tembung. Beliau tinggal bersama seorang istri yang bernama sumiati dan 5 orang anak. Kelima anaknya saat ini tengah duduk di bangku sekolah.

Kondisi ekonomi di usianya yang kini beranjak 75 tahun masih mengharuskan dirinya untuk tetap mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga, dari mulai biaya hidup, biaya sekolah dll.

Kakek Suryono selalu menjajakan jualanan dengan sepedanya. Penghasilan kakek suryono tidak lah tetap, tergantung dari berapa banyak yang laku. Kalau kondisi hari sedang cerah, kadang bisa laku sebanhyak 50 bungkus dalam seharian, sekitar Rp. 70.000 setelah di bagi dua dengan pemilik barang. Namun penghasilannya akan berkurang jika keadaan harinya sedang hujan.

Terkadang dagangan kakek suryono sering terlihat sepi, meski ia sudah mulai membuka lapaknya sejak pagi hingga malam hari. Saat menunggu pembeli yang datang, kakek suryono sering duduk di bawah rel kereta api, untuk menghilangkan rasa lelahnya dia kadang memilih duduk di dekat warung kecil yang berhadapan dengan lapaknya.

Usai memborong seluruh keripik  kakek Suryono, relawan RZ membagikan keripik kepada para tukang becak dan beberapa masyarakat yang ada di sekitaran lokasi.

Kakek Suryono sangat senang ketika dagangannya diborong. Penyangga sepeda yang biasa  digunakan kakek   Suryono sudah dalam kondisi tak layak. “Nanti uangnya tak pake untuk benerin cagak sepeda.” ungkapnya.

“Semoga kakek Suryono selalu sehat dan tetap semangat mencari nafkah. Dan semoga apa yang kita berikan hari  ini  bermanfaat untuk kakek Suryono.” Ungkap Sugi selaku koordinator Relawan Nusantara Medan.

Newsroom/Dea sukmara

Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi