RUMAH ZAKAT KEMBALI DISTRIBUSIKAN BANTUAN PANGAN UNTUK PENGUNGSI ROHINGYA

BANGLADESH. Kondisi pengungsi Rohingya di kamp-kamp pengungsian Bangladesh terlihat sudah mulai membaik dibandingkan 7 bulan lalu saat pertama kali tiba setelah melarikan diri dari serangan militer di kampung halaman mereka di Myanmar. Para pengungsi terlihat beraktivitas layaknya warga biasa, mencari kayu bakar, anak-anak bermain di fasilitas permainan hasil sumbangan dari NGO-NGO lokal dan internasional, bahkan sebagian mulai memanfaatkan lahan kamp untuk bercocok tanam.

“Saya lihat di kamp juga sudah banyak warung sederhana milik pengungsi, mereka menciptakan pasar sebagai bentuk perbaikan dari segi ekonomi,” ungkap Nurmansyah, Tim Kemanusiaan Rumah Zakat.

Meski secara umum kondisi pengungsi sudah mulai membaik, namun bukan berarti tugas kita membantu mereka telah selesai. Kondisi kamp belumlah cukup layak untuk menjadi tempat tinggal.

“Salah satu masalah terbesar di kamp adalah kondisi sanitasi yang masih sangat buruk yang berdampak kepada kesehatan para pengungsi. Banyak air pembuangan yang masih tergenang dimana-mana dan ketersediaan air bersih juga masih minim,” jelas Nurmansyah.

Selain itu, para pengungsi masih tetap dibatasi geraknya, mereka tidak diizinkan keluar dari kamp-kamp pengungsian. Karenanya, mereka tidak bisa mencari pekerjaan di luar kamp ataupun sekolah. Kondisi ini tentu membuat warga Rohingya belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, mereka masih bergantung pada bantuan yang datang dari NG0-NGO.

“Oleh sebab itu, hari Ahad lalu (25/03), kami kembali mendistribusikan bantuan pangan untuk sekitar 1500 pengungsi Rohingya di Balukhali Camp,” tutur Nurmansyah.

“Bantuan itu berupa beras, minyak , bumbu-bumbu dapur, dal, kentang, garam dan gula,” tambahnya.

Newsroom
Ria Arianti / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi