RZ DAN PEMERINTAH BERGANDENGAN PERANGI KEMISKINAN ASIA-AFRIKA

RZ LDKO CilegonBANDUNG. RZ (Rumah Zakat) bersama pemerintah baik dari pusat, Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung tengah berupaya bekerja sama dalam mengentaskan kemiskinan di wilayah Asia-Afrika yang digerakkan dengan NGO Summit, pada 25-26 April 2015 ini di Kota Bandung.

Henny Widiastuti selaku Direktur Program RZ sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara NGO Summit mengatakan kegiatan tersebut dilakukan berupa seminar yang mempertemukan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Government Organization) untuk membangun jejaring.

“Selain itu kami juga berharap peserta saling berbagi pengalaman dan menghasilkan sebuah rekomendasi yang dapat menjadi masukan bagi peserta delegasi Konferensi Asia-Afrika, dan juga menghasilkan beberapa kerja sama strategis lainnya,” ujar Henny.

Dia menuturkan kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 150 pegiat persoalan kemanusiaan, kebencanaan, kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. Pembicara yang dihadirkan sejak hari pertama, Sabtu (25/4) lalu di antaranya dari Badan Persatuan Bangsa-bangsa untuk Pembangunan atau UNDP, Kementerian Kesehatan, RZ dan beberapa LSM yang fokus pada pemberantasan kemiskinan lainnya.

Henny menjelaskan latar belakang kegiatan ini adanya fakta Indonesia memiliki 28 juta jiwa yang hidup di bawah garis kemiskinan. Angka yang sangat besar bila dibandingkan upaya yang dilakukan pemerintah. Sementara itu pertumbuhan lapangan kerja lebih lambat dibandingkan pertumbuhan penduduk. Ditambah lagi serbuan penyakit yang mengidap negara-negara di Indonesia dan Asia-Afrika.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada kesempatan tersebut juga mengungkapkan bahwa NGO sangat berperan penting dan efektif dalam mengatasi masalah kemiskinan. Namun, kendala pun tak terhalangi, di mana terkadang NGO juga mengalami keterbatasan dana. Maka dari itulah butuh kerja sama dengan pemerintah.***

Sumber : http://bandung.bisnis.com/m/read/20150426/82444/532330/rumah-zakat-dan-pemerintah-bergandengan-perangi-kemiskinan-asia-afrika

Tags :
Konfirmasi Donasi