SD JUARA PEKANBARU: HINDARI ROKOK SEKARANG JUGA!

SD JUARA PEKANBARU HINDARI ROKOK SEKARANG JUGA!PEKANBARU. Kamis (28/07) Klinik Pratama RBG RZ Pekanbaru kembali melakukan Pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Juara Pekanbaru persisnya di Jl. Warta Sari, Kota Pekanbaru.

Kali ini siswa UKS SD Juara Pekanbaru, Aulia dari kelas IV dan Adi dari kelas V menyampaikan materi yang telah diberikan sebelumnya kepada siswa-siswi kelas V SD Juara Pekanbaru mengenai bahaya merokok.

“Dalam 1 batang rokok mengandung 4000 bahan kimia dan 43 senyawa itu terbukti menyebabkan penyakit. Bahan utama rokok itu terdiri dari Nikotin dan Tar.” tutur Adi.

Adi kemudian menambahkan, “Nikotin bisa merusak jantung dan aliran dalam darah terganggu, seperti terjadi penyempitan pembuluh darah, meningkat denyut jantung, mengerasnya pembuluh darah dan terjadi penggumpalan darah. Dan Tar adalah bahan kimia beracun yang bisa mengakibatkan kerusakan sel paru-paru dan menyebabkan kanker, terutama kanker paru.” jelas Aulia dengan penuh percaya diri.

Karbon monoksida merupakan gas beracun yang berakibat pada kurangnya kemampuan darah membawa oksigen sehingga otak, jantung dan organ tubuh yang penting menjadi kekurangan oksigen.

“Jadi bagaimana supaya kita terhindar dari merokok? Ingat ya anak-anak, 1) Jangan pernah mencoba untuk merokok, 2) Jangan mau terbujuk oleh rayuan untuk merokok, 3) menolak jika ada yang mengajak dan menawari rokok, 4) tegur jika ada yang merokok, 5) pilih dan bergaulah dengan teman yang tidak merokok. Dengan itu insya Allah kita bisa terhindar dari merokok.” pesan Pak Anwar, Amd sebagai pembina UKS SD Juara Pekanbaru.

Diharapkan dengan penyampaian materi bahaya merokok ini siswa dan siswi SD Juara Pekanbaru berperilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai upaya agar dirinya sehat dan aktif membantu kesehatan masyarakat di sekitarnya.

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi