SIAGA SEHAT BERSAMA TELKOMSEL DI SIDOARJO

SIDOARJO. Siaga Sehat bersama Telkomsel kembali diadakan di balai Kelurahan Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kamis (9/12). Pada aksi kali ini dilaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan tumbuh kembang anak, pemberian makanan tambahan, pemerikasaan kesehatan ibu hamil, dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tim Siaga Sehat Rumah Zakat berangkat menuju lokasi pukul 08.00 WIB. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Kali ini Rumah Zakat melibatkan sepuluh personil yang terdiri dari seorang kordinator, dokter, dua bidan, apoteker, depo obat, penyuluh, driver, dan relawan. Bersamaan dengan pemberian pelayanan kesehatan, dilaksanakan penyuluhan PHBS yang bertema “ASI Eksklusif untuk Bayi”. Penyuluh yang berprofesi sebagai bidan ini menyampaikan pentingnya memberikan ASI eksklusif untuk anak hingga usia 6 bulan, meskipun sang ibu bekerja.

Dalam penyuluhan tersebut dijelaskan, selain secara alami memiliki gizi lengkap, terdapat banyak keuntungan penting dalam air susu ibu. Protein, karbohidrat, lemak, dan mineral yang terkandung di dalamnya menyebabkan air susu ibu mudah dicerna. Oleh sebab itu, air susu ibu jarang sekali menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan konstipasi. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan terhindar dari berat badan berlebih, dehidrasi, atau kemungkinan alergi akibat bakteri. Dengan ASI eksklusif bayi akan mendapatkan antibodi langsung dari sang ibu secara langsung. Materi penyuluhan ini disimak dengan antusias oleh para ibu.

Pada akhir kegiatan, tercatat 121 warga yang menerima pelayanan kesehatan. “Sengaja kita batasi untuk waktu pendaftaran awal selain untuk edukasi disiplin waktu juga untuk memaksimalkan penyuluhan yang memang ditaruh sebagai pembuka,” ujar Hizful Aziz, Healthcare Officer.

“Alhamdulillah, pas banget ada pengobatan gratis pas lagi linu-linu begini,” papar Romlah (50), warga Lemahputro.***
Newsroom/Sarah Soraya
Sidoarjo

Tags :
Konfirmasi Donasi