SISWA SD JUARA JAYAPURA BELAJAR BERBAGI SEJAK DINI

JAYAPURA. Selasa, (18/07) merupakan hari kedua siswa SD Juara Al-Hikmah Jayapura kembali bersekolah. Dihari pertama, siswa baru nampak masih malu-malu, tetapi hari ini mereka sudah mulai membaur dan berani. Seperti biasanya, aktivitas sekolah diawali dengan membaca asmaul husna bersama, dilanjutkan dengan sholat dhuha berjamaah dan menghafal surat-surat pendek.

Setelah rutinitas pagi selesai, anak-anak kembali masuk kelas dan diperkenalkan mars Juara, lalu dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai dengan tema mengenal Allah. Hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan sifat-sifat Allah kepada anak-anak melalui cara yang lebih mengasyikan.

SD Juara Jayapura menetapkan peraturan untuk membawa bekal makanan masing-masing. Meskipun begitu, ada beberapa siswa yang tidak membawa bekal. Tanpa diperintah oleh guru, anak-anak yang membawa bekal langsung menawarkan makanannya untuk berbagi kepada temannya yang tidak membawa makanan.

Melihat kebersamaan seperti itu, terdapat pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari anak kecil seusia mereka. Sejak usia dini mereka sudah belajar berbagi dengan orang lain yang patut kita tiru.

“Hari ini saya mendapatkan pelajaran berharga dari siswa. Anak seusia mereka sudah bisa belajar berbagi dengan teman-temannya. Sebenarnya saya bukan wali kelasnya, saya hanya menggantikan karena wali kelas kebetulan sedang berhalangan. Ternyata menjadi guru itu tantangannya luar biasa, perasaannya campur aduk, ada senangnya terkadang juga suka pusing menghadapi 25 anak yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda, tapi Alhamdulillah hal tersebut bisa teratasi,” jelas Musyarotun, staff tata usaha SD Juara Jayapura.

Newsroom/Dian Ekawati

Jayapura

Tags :
Konfirmasi Donasi