Allah Memusnahkan Riba

KONSULTASI ZAKAT
KH Didin Hafidhuddin
Jumat, 28/10/2005 10:09:00
Republika.co.id

Mengapa di dalam Alqur’an dikemukakan ayat yang menyatakan bahwa Allah akan menghancurkan riba dan menyuburkan shadaqah. Mohon penjelasannya.
Hamba Allah.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 276: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan shadaqah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa”. Maksud dari ayat tersebut adalah, riba itu akan dihancurkan oleh Allah, karena merusak nilai-nilai kemanusiaan.

Dengan sistem riba orang akan menjadi materialis, egois, dan hilang perasaan ingin menolong sesamanya. Karena dalam sistem ribawi yang dicari adalah keuntungan materi semata-mata. Sedangkan dalam bershadaqah ataupun dalam berzakat akan ditumbuhkan semangat menolong kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Shadaqah dan zakat juga, akan mendorong orang untuk memiliki semangat tinggi dalam bekerja atau dalam berusaha mencari rizki yang halal. Karena itu, dengan shadaqah dan zakat akan makmur dan penuh dengan keberkahan dalam hidup ini. Sebaliknya dengan riba akan rusak kehidupan ini.
Itulah yang dimaksud firman Allah dalam ayat tersebut di atas. Hal yang sama dikemukakan pula dalam firman Allah QS. Ar-Rum ayat 39: “Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya)”.

Tags :
Konfirmasi Donasi