BALAI INSPIRASI ZIS INDOSAT, HADIRKAN SEMANGAT WARGA BELAJAR QURAN

PANDEGLANG. Kegiatan belajar Baca Tulis Al Quran (BTAQ) menjadi salah satu program positif yang terlaksana untuk membina masyarakat dalam Balai Inspirasi ZIS Indosat dan Rumah Zakat. Seperti aktivitas warga pada Selasa (05/12) kemarin yang semangat belajar membaca dan menulis Al Quran di usia mereka yang sudah tidak lagi muda. Mereka belajar di Balai Inspirasi ZIS Indosat Kampung Sarakole, Desa Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang.

Balai Inspirasi yang berada di Kabupaten Pandeglang tersebut merupakan satu diantara 15 Balai Inspirasi yang dibangun oleh ZIS Indosat dan Rumah Zakat. Fasilitas utama yang dimiliki oleh Balai Inspirasi berupa Digital Corner (perpustakaan digital).

Digital corner merupakan sebuah balai yang digunakan untuk sebagai sentral kegiatan pemberdayaan masyarakat. Fasilitas yang dimiliki oleh digital corner disediakan perangkat elektronika beserta jaringan internet secara gratis. Tujuan dari pembuatan digital corner, guna meningkatkan minat baca masyarakat, pengembangan kewirausahaan dan edukasi masyarakat.

“Sebanyak 5 warga yang hadir untuk belajar baca tulis Al Quran di Balai Inspirasi. Pembinaan masyarakat ini sudah berjalan 3 minggu, mereka belajar dengan semangat walau usia sudah tidak lagi muda. Secara rutin saya sendiri yang membina masyarakat khususnya di lokasi balai inspirasi,” tutur Aep Muflih selaku fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Pandeglang.

Hingga saat ini sudah banyak kegiatan positif yang dilakukan di Balai Inspirasi. Hadirnya balai inspirasi memberikan manfaat lebih bagi warga seperti banyaknya pelatihan kewirausahaan dan penggunaan internet positif.

“Kebanyakan masih buta huruf Al Quran, hari ini mereka belajar mulai dari membaca Iqro. Ada juga yang hadir untuk melancarkan bacaan Al Quran, salah satu yang membuat saya takjub adalah Bu Embay karena di usianya yang sudah 65 tahun tetap semangat untuk belajar,” ungkap Aep.

Dorongan untuk bisa membaca Al Quran dengan baik menjadi motivasi warga, “Saya ingin punya bekal untuk akhirat, minimal bisa baca Al Quran. Sekarang saya tidak malu bila belajar bersama cucu setiap malam dirumah, “ ungkap Ibu Embay, warga yang aktif belajar Al Quran di Balai Inspirasi ZIS Indosat.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi

Pandeglang

Tags :
Konfirmasi Donasi