BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG DI CIMAHI

CIMAHI. Membangun kemandirian komunitas merupakan proses pemberdayaan masyarakat. Tentunya harus didasari oleh analisa sosial yang matang dan sesuai dengan potensi wilayah yang akan dikembangkan. Sebuah analisa yang baik tentunya akan menghasilkan juga sebuah potensi yang besar.

Menurut Rahmadian dari bidang pemberdayaan masyarakat Rumah Zakat cabang Cimahi, hasil dari analisa sosial yang dilakukannya terhadap salah satu wilayah di Cigugur, di tengah Kota Cimahi. Ternyata ada sebuah potensi di bidang perikanan dalam bentuk pembudidayaan lele Sangkuriang, yang selama ini telah dikembangkan dan tergabung dalam sebuah wadah komunitas paguyuban mitra Sangkuriang.

Potensi yang ada dalam wilayah ini didukung oleh luas yang cukup untuk menampung 40 kolam lele Sangkuriang. Dengan ukuran 2×5 meter dapat untuk membuat kolam lele sebanyak 20 kolam.

Rumah Zakat cabang Cimahi pun turut ambil bagian dalam pengembangan potensi ini. Lewat membudidayakan lele Sangkuriang sebanyak 1000 bibit lele, termasuk pemberian pakannya, sebanyak 90 kg hingga panen selama 70 hari ke depan. Yang telah dikembangkan dalam satu kolam lele, hasil kerjasama Rumah Zakat cabang Cimahi dengan paguyuban mitra Sangkuriang.

“Harapannya ke depan potensi ini akan dijadikan usaha berbasis potensi lokal di wilayah Cimahi Tengah, yang bisa menjadi pengembangan ekonomi untuk masyarakat sekitar,” ujar Yudi Yudistira Manajer Rumah Zakat cabang Cimahi.***

Newsroom/Akhmad Nur Rahmadian
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi