DAMPAK INTERNET BAGI ANAK

SURABAYA. SD Juara Surabaya menggelar kegiatan parenting, Senin (5/3). Acara ini mengangkat  tema “Anak Kecanduan Internet Tapi Orang Tua Gaptek”. Event ini diisi oleh Dosen dan Psikolog Universitas Airlangga, Nur Ainy Fardana.

Di awal pemaparan materi dia memutarkan film awal proses pembentukan janin sampai tumbuhnya menjadi bayi. Ia menekankan bahwa anak adalah aset sangat berharga yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik oleh orang tua. Kemudian dia meminta kepada para orang tua untukmencari dan membelai anaknya seraya mengucapkan rasa cinta dan sayangnya kepada buah hatinya tersebut. “Para orangtua pun berhamburan mencari anaknya, ayah sangat mencintai dan menyayangimu nak,” ungkap Sutiyo sambil memeluk dan mencium M. Iqbal Ramadhan siswa kelas 5.

Selanjutnya pemateri menyampaikan dampak positif dan negatif jika terlalu sering menggunakan internet, dan kiat-kiat memanfaatkan multimedia yang aman bagi anak. Acara parenting ini dilanjutkan dengan praktek pembuatan email dan akun facebook. dari sini diharapkan para orangtua bisa memantau aktivitas anak-anaknya di dunia maya. “Bapak, ibu setelah ini silahkan membuat facebook dan di add facebook anaknya agar bisa dipantau, jika bapak, ibu belum paham pembuatannya bisa datang ke sekolah minta bantuan bapak ibu guru dengan memanfaatkan fasilitas internet yang ada di sekolah”, ungkap Yuni Istikhah selaku Kepala Sekolah SD Juara Surabaya.

Beberapa orang tua mengatakan bahwa perkembangan teknologi khususnya internet sungguh pesat sehingga perlu kerjasama dari semua element untuk menganggulangi dampak negatif dari internet. Internet memang bagus karena banyak hal yang bisa diperoleh dari sana, namun pemantauan harus dilakukan agar anak-anak menggunakan internet sesuai dengan kapasitasnya sebagai siswa.***

Newsroom/Suradin
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi