DESA BERDAYA MANGSANG, MEMBANGUN KOMUNITAS MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

RIAU. Rumah Zakat hadir di Kota Batam sejak 2005. Beragam program pemberdayaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi telah dilaksanakan di kota yang masuk dalam Provinsi Kepulauan Riau ini. Sambutan dari masyarakat dan pemerintah setempat akan kehadiran Rumah Zakat dirasakan sangat baik dan selalu mendukung.

Salah satu wilayah yang menjadi target pemberdayaan dari Rumah Zakat cabang Batam adalah Kel. Mangsang Kec. Sungai Beduk. Sejak 2008, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdayanya melaksanakan beraneka program di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Dipilihnya Mangsang sebagai wilayah pemberdayaan dikarenakan mayoritas warganya berasal dari kelas ekonomi menegah ke bawah. Mayoritas warga berprofesi sebagai petani, nelayan, dan buruh.

“Dalam proses pemberdayaan, hal pertama yang harus kami lakukan adalah mengubah mind set para penerima manfaat. Mereka harus yakin bahwa proses yang kitalaksanakan ini akan dapat berhasil bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kalaupun gagal di awal, anggap sebagai pembelajaran,” ungkap Fasilitator Desa Berdaya Mangsang, Rusmin.

Membangun Komunitas Peduli Lingkungan sebanyak 5 ibu rumah tangga bekerjasama menimbang dan mencatat hasil setoran sampah di depan Bank Sampah Al Amin yang berada di Desa Berdaya Mangsang. Sudah 7 bulan mereka aktif dalam proses pengumpulan sampah yang bisa didaur ulang tersebut. Dalam sebulan mereka bisa menghasilkan hingga 200 kg. “Alhamdulillah, hasilnya lumayan dan yang pasti lingkungan menjadi lebih bersih,” ungkap Ketua Bank Sampah Al Amin, Sri Maryani.

Hal serupa diungkapkan oleh Yayuk, Ketua Bank Sampah Barokah. Selain pengumpulan sampah daur ulang, para wanita yang menjadi pengurus bank sampah pun secara aktif melakukan kegiatan pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan. “Kami sudah beberapa kali ikut pameran yang didukung juga oleh Rumah Zakat,” ujarnya.

Al Amin dan Barokah adalah dua dari tujuh bank sampah yang dibina oleh Rumah Zakat cabang Batam. Program ini disambut baik oleh masyarakat, khususnya ibu rumah tangga yang secara aktif mengikuti kegiatan yang tak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga perekonomian.

Newsroom
Kuna / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi