JAGA KEKEBALAN TUBUH, AYAM PETELUR MILIK PENERIMA MANFAAT DIBERIKAN VAKSIN

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ternak ayam petelur, Minggu (06/09) dilaksanakan pemberian vaksin pada ayam petelur kelompok ternak Unggul Jaya Desa Berdaya Kalikajar.

WONOSOBO, RUMAH ZAKAT – Untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ternak ayam petelur, Minggu (06/09) dilaksanakan pemberian vaksin pada ayam petelur kelompok ternak Unggul Jaya Desa Berdaya Kalikajar.

Jumlah ayam petelur yang dimiliki kelompok ternak saat ini adalah sebanyak 50 ekor dari 3 orang penerima manfaat yaitu Ahmad Ariyadi, Cakiwan dan Sunaryo. Ayam-ayam tersebut ditempatkan dalam satu kandang bersama.

Pemberian vaksin pada ayam petelur dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam agar tidak mudah terkena penyakit apalagi cuaca saat ini yang tidak menentu.

Adapun vaksin yang diberikan terbagi menjadi 2, yakni vaksin yang dilarutkan ke dalam minuman ayam serta vaksin suntikan.

Keberhasilan vaksin ditentukan oleh kondisi ayam. Jadi ketika akan divaksin, ayam tidak boleh dalam keadaan stres. Selain itu, sebelum dan sesudah dilakukan suntikan vaksin, ayam bisa diberikan miltivitamin anti stress terlebih dahulu.

Newsroom

Anantiyo Widodo/Amri Rusdiana

Tags:
Donation Confirmation
en_USEnglish
id_IDBahasa Indonesia en_USEnglish