ES BATU BANTU RINGANKAN NYERI

Rasa nyeri bisa timbul karena berbagai alasan. Namun satu hal yang pasti, rasa nyeri pasti akan menghambat seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Rasa nyeri yang berkelanjutan sebaiknya memang diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Namun sebagian rasa nyeri bisa diringankan dengan es batu.

Terapi meringankan nyeri dengan es batu ini merupakan warisan tradisi dari Cina yang cukup efektif. Selain murah, terapi ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

Terapi ini menyasar sebuah titik di tubuh bernama Feng Fu. Feng Fu merupakan cekungan di leher bagian belakang, tepat di bawah titik bertemunya kepala dan leher.

Alat yang dibutuhkan untuk melakukan terapi es batu ini hanya dua, yaitu es batu dan plastik zip lock. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan es batu ke dalam plastik zip lock. Setelah itu, letakkan bungkusan es batu ke titik Feng Fu selama 20 menit.

Posisi ideal untuk melakukan terapi ini adalah dengan tengkurap. Namun, plastik zip lock berisi es batu juga bisa diikat dengan kain di sekitar leher. Dengan begitu, orang yang sedang menjalani terapi tetap bisa berjalan atau duduk.

Mulanya, kompresan es ini akan terasa sangat dingin saat menyentuh titik Feng Fu. Namun hal ini hanya berlangsung selama 30-40 detik. Setelah itu, suhu kompresan es akan terasa mulai naik.

Untuk hasil terbaik, terapi es batu ini sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari. Terapi pertama dilakukan di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Sedangkan terapi kedua dilakukan di malam hari sebelum tidur.

Salah satu nyeri yang bisa diringankan dengan terapi es batu adalah sakit kepala. Selain meredakan nyeri, terapi es batu juga diyakini dapat mencegah sakit kepala terjadi berulang-ulang.

Times of India mengungkapkan bahwa terapi asal Cina ini juga dapat mengontrol gejala PMS. Gejala-gejala PMS memang bisa diringankan dengan obat-obatan. Namun terapi es batu dinilai lebih mudah dan murah. Selain itu, titik Feng Fu juga diyakini memiliki hubungan langsung dengan siklus menstruasi perempuan sehingga bisa membantu meringankan gejala PMS.

Terapi es batu ala Cina ini juga dapat membantu pasien dengan masalah tiroid yang sedang menjalani terapi medis. Terapi es batu pada titik Feng Fu dinilai dapat membantu pasien tiroid pulih lebih cepat. Namun perlu diingat, terapi es batu ini hanya berperan sebagai terapi pendukung dan tidak bisa menggantikan terapi medis yang diperlukan pasien dengan masalah tiroid.

Terapi es batu ini juga dapat membantu meringankan rasa tak nyaman dan kembung akibat masalah pada saluran pencernaan. Mengompres titik Feng Fu dengan es batu juga dinilai dapat membantu mengatasi pilek lebih cepat, meringankan nyeri akibat radang sendi hingga menurunkan stres dan memperbaiki suasana hati. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa terapi ala Cina ini juga dapat menurunkan jumlah selulit pada tubuh.

Kegunaan lain dari terapi es batu ini adalah membantu memperbaiki kualitas tidur. Terapi mengompres titik Feng Fu dengan es batu dinilai dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan menjauhi kemungkinan mimpi buruk saat tidur, dikutip dariĀ Times of India.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi