KELOMPOK TANI MAJU LESTARI KUATKAN PERAN MAJUKAN PETANI GULA

BANJARNEGARA. Kamis (08/02) Dusun Dares adalah salah satu dusun di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan, Banjarnegara masyarakatnya Mayoritas bermatapencaharian sebagai petani penghasil gula kelapa, seiring berjalannya waktu beberapa tahun terakhir ini para petani banyak yang merubah sistem produknya, dari gula kelapa menjadi gula cetak, dan sekarang mulai merambah ke gula kristal.

Melalui Kelompok Tani yang diinisiasi oleh Fasilitator Desa Berdaya di Desa Gumelem Kulon, masyarakat diedukasi untuk melakukan inovasi dalam memproduksi gula, selain gula cetak masyarakat harus mulai mengolah gula merah menjadi gula kritas karena memiliki pangsa pasar yang bagus.

“Karena dengan cara ini gula kelapa akan menjadi bernilai tambah yang akan berimbas pada pendapatan para petani. Diharapkan para petani gula kelapa akan antusias untuk berubah cara pengolahan maupun perawatannya,karena saat ini gula kristal pangsa pasarnya bagus ” ujar fasilitator Rumah Zakat, Sarwin.

Menurutnya kelompok Tani harus mempunyai rencana dan terobosan agar gula kristal di dusun Daares Gumelem Kulon ini bisa menjadi produk unggulan yang membanggakan karena gula kelapa adalah penghasilan utama bagi masyarakat Desa Gumelem Kulon. Peran pro aktif dari pengurus kelompok inilah yang menentukan perubahan pada seluruh anggota. Oleh sebab itu pada (06/02) untuk semakin memperkuat peran kelompok tani yang dinamai Kelompok Tani Maju Lestari, Sarwin membuat legaitas kelembagaan yaitu Akta pendirian.

“Saya Fasilitator sekaligus Ketua kelompok tani dan pengurus menghadap ke dinas pertanian untuk menyerahkan akta pendirian kelompok tani yang ditandatangani oleh kepala desa Gumelem Kulon Arif Machbub,” ujarnya.

Selain menjual langsung hasil tani dari para petani untuk di export,Tani Maju Lestari pun mulai menggunakan Media Sosial untuk menawarkan hasil produk petani

Newsroom / Lailatul Istikhomah
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi