KETIKA RUANG KELAS SD JUARA MENJADI STASIUN KERETA

KETIKA RUANG KELAS SD JUARA MENJADI STASIUN KERETAJAKARTA. Siswa kelas 5 SD Juara Cakung, melakukan pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi Membaca Memindai Tabel Perjalanan Kereta, Senin, (16/01).

Kegiatan pembelajaran ini terkait dengan pertemuan sebelumnya, yaitu mendengarkan cerita perjalanan Kukuh yang mabuk karena ngantuk saat naik kereta dari desa menuju Jakarta yang kemudian dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan sesuai isi teks yang didengar dan mencatat pokok-pokok teks tersebut.

Di dalam kelas siswa seolah-olah memerankan Kukuh yang akan naik kereta. Mereka lalu mensimulasikan kegiatan di stasiun kereta.

Mula-mula mereka membagi tim, ada tim petugas kereta dan ada tim penumpang kereta. Penumpang kereta tersebut mendapatkan tiket kereta dari petugas loket.

Dengan diiringi suara kedatangan kereta mereka menuju stasiun (ruang kelas). Selanjutnya mereka membaca tabel perjalanan secara saksama yang tertera di papan tulis.

Setelah itu, sang guru meminta siswa berbaris, membuat barisan ikhwan dan akhwat. Barisan siswa tersebut seolah-olah kereta. Sang guru memberikan games kepada peserta didiknya. Ia memberikan kuis, yang dapat menjawab, maju dan lompat ke depan dengan berpegangan pundak tanpa jatuh.

“Berapakah harga tiket kereta Argo Muria jurusan Jakarta-Semarang?” tanya guru.

Semua siswa terlihat berpikir, daaaan siswa laki-laki langsung menunjuk tangan dan dipersilakan menjawab dengan melompat ke depan bersama-sama. “170.000,” jawab siswa.

“Lalu, berapa jam perjalanan Kereta Kamandanu yang berangkat dari pukul 21.00 dan tiba pukul 03.06?”

Siswa laki-laki pun yang terlihat lebih semangat kembali menunjuk tangan, daaan mereka pun melompat, “6 jam 6 menit.”

Newsroom/Arman
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi