KLINIK SEDEKAH SAMPAH MENJADI SOLUSI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DAN KESEHATAN

SURAKARTA. Di Desa Berdaya Mojosongo kecamatan Jebres, Surakarta program berbasis lingkungan dan kesehatan yaitu klinik Sedekah Sampah kini sedang digalakan.

“Klinik Sedekah Sampah merupakan sebuah program optimalisasi pengelolaan sampah rumah tangga untuk kemudian ditukar dengan layanan cek kesehatan bagi para lansia,” papar Anto Fasilitator Desa Berdaya Mojosongo bidang kesehatan.

Dengan konsep sedekah sampah ini, para lansia diminta untuk melakukan aktivitas pilah sampah di rumah masing masing yang kemudian disetorkan pada saat posyandu lansia. Bagi lansia yang
masih bugar bisa menyedekahkan sampahnya kepada lansia lain yang sudah tidak dapat beraktivitas dengan leluasa agar mereka bisa mendapatkan layanan kesehatan.

Menurut Anto, program ini selain berperan dalam kelestarian Lingkungan dan kesehatan juga mengasah kepekaan para lansia untuk saling membantu.

“Dengan adanya aktivitas ini kita juga bisa melakukan pemantauan pada lansia. Paling tidak ketika kami menemukan lansia yang gula darahnya tinggi, kami bisa melakukan penanganan pertama. Karena kami hanya melakukan pengecekan, maka kami bekerja sama dengan
puskesmas untuk menangani para lansia lebih lanjut,” kata Anto.

Pengelolaan sampahnya sendiri dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang tergabung dalam program Bank Sampah Amanah yang beranggotakan 10 orang ibu rumah tangga. Program ini digagas Anto sejak setahun lalu dalam rangka memberdayakan ibu rumah tangga di wilayah Mojosongo.

Saat ini kegiatan bank sampah tidak hanya berfokus pada pengumpulan dan pemilahan sampah, tapi juga proses daur ulang sampah menjadi barang yang bernilai jual dan dapat menambah penghasilan.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Surakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi