KOMPAS.COM DAN RUMAH ZAKAT SINERGI BANTU FAHRI UNTUK SEMBUH

BANDUNG. M Fahri As-Sidiq (11), atau sering disebut Fahri, menjadi nama yang tidak asing bagi kita. Pasalnya anak yang memiliki penyakit Osteogenesis Imperfecta ini ramai menjadi perbincangan media karena kondisi tulangnya yang begitu rapuh jika terkena sedikit benturan, bahkan jika bersin ataupun batuk. Beberapa waktu lalu Kompas.com bekerjasama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan bantuan dari para donatur melalui Kitabisa.com. Banyak dari donatur yang terketuk hatinya untuk membantu adik kecil yang membutuhkan biaya pengobatannya hingga usia 17 tahun nanti.

Donasi dari para “netizen” Kompas.com dipercayai untuk disalurkan melalui Rumah Zakat. Hal ini agar donasi yang terkumpul dapat disalurkan sesuai dengan yang diamanahkan. Dalam proses penyalurannya, Rumah Zakat akan melakukan identifikasi berbagai kebutuhan Fahri. Kebutuhan yang diidentifikasi mulai dari untuk medis hingga non-medis seperti keperluan untuk sehari-hari. Dengan demikian, dana yang telah terkumpul bisa dimanfaakan secara optimal. Setelah melakukan identifikasi telah disepakati baik dari pihak Rumah Zakat, Kompas.com dan Ibunda Fahri bahwa pemberian bantuan akan dilakukan bertahap setiap bulan sesuai dengan kebutuhan yang telah diverifikasi terlebih dahulu. Apabila ada kebutuhan mendesak di luar kebutuhan reguler, disalurkan sesuai dengan permintaan dari Ibu Fahri.

Sejak bulan Mei 2017 hingga saat ini, penyaluran yang diberikan kepada Fahri dan keluarganya sudah dilakukan sebanyak 12 tahap dengan total penyaluran Rp 119.208.000,- Penyaluran tahap ke 12 baru saja dilakukan pada hari ini, Rabu (30/08) di klinik RBG Jalan Turangga no 63, Bandung. Adapun penggunaan dana penyaluran yaitu untuk pengobatan rutin Fahri, kebutuhan sehari-hari mulai dari makan, listrik, akomodasi pengobatan, modal usaha, kontrakan rumah, dan lain sebagainya.

Rencananya Fahri akan melakukan operasi Hernia yang ke 2, namun masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukan operasi, karena informasi yang disampaikan oleh Ibunda Fahri saat ini Fahri sedang berada di Banten bersama saudaranya. Saat ini kondisi Fahri cukup baik, selama di Banten Fahri ikut sekolah bersama saudara-saudaranya pada pagi hari dan mengaji di Masjid dekat rumah pada siang harinya.

Usaha baju muslim yang dimiliki ibunya juga masih berjalan, saat ini usahanya pindah dari rumah saudaranya dan menyewa kios di dekat kampus UIN Bandung dengan biaya Rp 2.000.000/bulan. Rencananya selain bantuan untuk kesehatan akan ada juga pendampingan dan pelatihan untuk wirausaha online dan pembuatan website untuk pengembangan usaha ibunya.

Saat ini ibunda Fahri sedang mempertimbangkan soal kelanjutan hidupnya apakah tetap di Bandung atau menitipkan Fahri di Banten. Namun jika pada akhirnya Fahri memutuskan tinggal di Banten maka Fahri akan dititipkan di saudara ibunya, dan ibunda Fahri tinggal di Bandung untuk melanjutkan usaha dengan adik Fahri, Ijan. Hari ini ibunda Fahri berencana pergi ke Banten untuk menengok anaknya karena sudah terjadwalkan jadwan berobat dan perawatan Fahri di RS Al-Islam Bandung.

 

 

Newsroom/Nur Shyfa
Bandung

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi