MANFAAT WUDHU SEBELUM TIDUR

Wudhu adalah salah satu syarat sah untuk shalat. Selain itu wudhu mempunyai manfaat yang sangat besar. Bahkan ulama fikih menjelaskan hikmah wudhu sebagai bagian dari usaha untuk memelihara kebersihan jasmani dan rohani.

Tentu setiap perintah Allah SWT itu mempunyai hikmah dan kebaikan didalamnya.Dalam sekali melakukan wudhu, lima panca indera kita terkena semua tanpa terkecuali disapu oleh air wudhu. Mata, hidung, telinga & seluruh kulit tubuh. Ini benar-benar luar biasa!

Manfaat dibalik diperintahkannya  wudhu sangatlah besar bagi tubuh manusia. Mulai dari membasuh tangan dan menyela-nyela jari, berkumur-kumur, memasukkan air ke dalam lubang hidung, membasuh muka, membasuh kedua tangan sampai siku mengusap kepala, membasuh telinga, hingga membasuh kaki hingga mata kaki.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata’ Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a).

Lalu, bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum tidur? Nah, para pakar kesehatan di dunia selalu menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur bukan? Bahkan, sejumlah pakar kecantikan telah menciptakan alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka. Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi.

Jika seseorang berada dalam keadaan suci, berarti dia dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.

Pertama, menenangkan otot-otot sebelum beristirahat. Mungkin tidak terlalu banyak penjelasan tapi Bisa dibuktikan dalam ilmu pengobatan bahwa percikan air wudhu itu merupakan suatu cara untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dalam beraktivitas. Sehingga jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka fikiran kita akan terasa tenang, badan tidak akan terasa letih.

Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah kerana kelebihan dari wudhu ini dapat menghilangkan kotoran dalam kulit. Kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan segera hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Ketiga, didoakan malaikat. Malaikat akan sentiasa berdoa memohon perlindungan untuk umat muslim yang sentiasa berwudhu sebelum tidur. Malaikat adalah makhluk yang sentiasa berzikir kepada Allah.Niscaya doanya akan sentiasa dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu, selalu berwudhu lah agar mendapatkan manfaat dan keutamaan tersebut.

Sumber : Islampos.com

Tags :
Konfirmasi Donasi