MELALUI SAMPAH, RUMAH ZAKAT WUJUDKAN PENGOBATAN GRATIS BAGI MUSTAHIK

PEKANBARU. Tim Cita Sehat bersama Rumah Zakat mengunjungi SMA Negeri 8 Pekanbaru di Jl. Abdul Muis No.14, pada tanggal 18 dan 22 September lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka jemput Sedekah Sampah atau pengambilan sampah. Para siswa-siswi dari SMAN 8 Pekanbaru menyerahkan sampah kertas yang ada di lingkungan sekolah mereka untuk disedekahkan.

Sampah yang terkumpul sebanyak kurang lebih 600 kg tersebut diangkut menggunakan ambulan menuju Klinik Pratama RBG Rumah Zakat Pekanbaru. Kemudian sampah tersebut ditimbang dan dijual ke pengepul. Hasil penjualan akan digunakan untuk fasilitas dan pelayanan kesehatan gratis bagi para mustahik.

“Betul sekali, nanti uangnya kami alokasikan untuk biaya pengobatan pasien mustahik yang datang ke Klinik RBG RZ Pekanbaru. Nah selain itu, kedepannya kami akan menggelar pembinaan kesehatan di SMAN 8 Pekanbaru ini sebagai feedback karena telah berpartisipasi dalam program Sedekah Sampah,” tutur Yolanda, Public Health Cita Sehat Pekanbaru.

Yolanda menuturkan bahwa Sedekah Sampah sendiri merupakan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang digulirkan oleh Rumah Zakat bersama Cita Sehat di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan tujuan menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan yang kotor akibat sampah dan menumbuhkan budaya pengelolaan sampah.

“Selain SMAN 8, ada beberapa instansi pemerintah yang juga sudah berpartisipasi mengikuti Sedekah Sampah. Misalnya Kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Kantor Imigrasi, Kantor Kesbangpol. Meskipun baru beberapa karyawannya namun hasilnya cukup banyak. Semoga kedepannya program ini semakin istiqomah dan semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi,” pungkas Yolanda.

 

Newsroom/Nurul Rahayu
Pekanbaru

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi