MELALUI WAKAF QURAN, RUMAH WAKAF & RZ BINA AKHLAQ ANAK INDONESIA

MELALUI WAKAF QURAN, RUMAH WAKAF BINA AKHLAQ ANAK INDONESIANTT. Kampung nelayan Wuring merupakan salah satu kampung di kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kampung Wuring terletak di pesisir pantai yang permukaan tanahnya terdiri dari tanah berpasir dan kumpulan batu karang yang disusun secara sengaja sehingga membentuk pulau kecil dan bisa ditinggali oleh manusia.

Wuring merupakan salah satu daerah di Kecamatan Alok Barat yang mayoritas penduduknya muslim. Semua penduduknya beragama islam. Mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar adalah nelayan. Dari penghasilannya sebagai nelayan, hampir tiap tahun Wuring menjadi penyumbang kuota jama’ah haji terbesar di Kabupaten Sikka.

Namun disayangkan, hingga saat ini di kampung Wuring masih banyak dari penduduk muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Banyak remaja yang ikut berpesta dan menikmati kehidupan yang terlarang seperti minum minuman keras, ikhtilath antara lawan jenis, tawuran, hingga pergaulan bebas.

Berdasarkan latar belakang tersebut Rumah Wakaf Indonesia (RWI) bersama RZ menjadikan desa Wuring sebagai Desa Quran dan menggulirkan program Duta Qur’an di wilayah tersebut untuk merubah perilaku dan sikap para penduduk wuring yang mayoritas adalah anak-anak dan remaja, kegiatan Duta Qur’an dilakukan melalui mentoring pekanan. Pembinaan dilakukan secara intensif setiap minggu dengan berbagai program dan kegiatan rohani lainnya.

Desa Quran merupakan program optimalisasi dari program Wakaf Al-Qur’an, dengan menghadirkan pembinaan al-qur’an dengan mengirimkan Da’i al-qur’an sebagai fasilitator untuk mengajarkan al-qur’an di wilayah rawan aqidah, pedesaan serta wilayah kota untuk terbebasnya masyarakat muslim yang buta huruf Al-Qur’an.

Andi madina Isnaeni Rohman (9) adalah salah satu penerima manfaat wakaf quran di Desa Quran. Gadis cilik yang biasa dipanggil Madina ini sekarang duduk di kelas 3 di SDIT Mutiara, Maumere. Madina adalah putri dari pasangan Andi Anshar dan Yanti Yunita. Gadis cilik yang hobinya bersepeda ini, bercita-cita menjadi tentara. ia rajin dalam mengikuti pembinaan rutin yang dilakukan

Wakaf quran hadir memberikan sentuhan ruhani, didistribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Rumah Wakaf Indonesia.

Newsroom/Anney

NTT

Tags :
Konfirmasi Donasi