MENGGENGGAM DUNIA BERSAMA RUMAH ZAKAT

WONOGIRI. Minggu (23/07), Salah satu sudut ruangan yang berada dalam kompleks TPQ Nurul Huda Ngancar kembali ramai di pagi hari. Bertepatan dengan hari Anak Nasional, beberapa remaja putri yang selama ini membantu mengelola Rumah Baca “Mentari” beramai-ramai bekerja bakti membersihkan ruangan.

Pasalnya, Rumah Baca mereka akan kedatangan penghuni baru berupa pasokan buku. Tentunya, akan menjadikan referensi bacaan itu semakin banyak.

Dirintis sejak dua tahun yang lalu oleh Nofrida, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Ngancar. Rumah baca “Mentari” ini sudah memiliki satu kepengurusan. Tujuan awal perintisan adalah membiasakan budaya membaca, karena membaca merupakan pintu dan jendela kemajuan bangsa.

“Programnya pernah dibahas, tapi belum maksimal. Jumlah buku juga belum banyak. Kami memang belajar dari nol, mbak. Dereng saget berorganisasi dengan baik,” tutur Fita Fatimah, salah seorang pengurus yang kini duduk di kelas XII sebuah SMA.

Awalnya, rumah baca ini tidak hanya sekedar difungsikan sebagai perpustakaan saja, tetapi sekaligus pusat kegiatan positif bagi anak-anak desa Ngancar untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. “Selama ini terkendala pendanaan dan SDM, mbak. Jadi, belum bisa direalisasikan,” tambah Fita.

Dengan keberadaan salah satu Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di desa Ngancar, Fita dan teman-teman berharap bisa memberikan nuansa dan semangat baru untuk kelangsungan Rumah Baca “Mentari”.

“Alhamdulillah, kami berterimakasih atas perhatian dan bantuan dari Rumah Zakat. Mohon didoakan juga kami bisa amanah untuk memanfaatkannya,” papar Fita.

Bukan hal mudah, namun yang tidak mudah bukan pula berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Apalagi, sang ketua pun mulai semester ini harus melanjutkan jenjang pendidikan ke sebuah perguruan tinggi di luar kota. Regenerasi adalah sebuah keniscayaan untuk tercapainya arah dan tujuan. Rumah kita boleh di desa, namun wawasan harus mendunia lewat buku, dengan budaya literasi dan budaya membaca.

Newsroom/kuna
Wonogiri

Tags :
Konfirmasi Donasi