PENDAMPINGAN USAHA UNTUK RATI, PENGRAJIN HANDY CRAFT

BANJARNEGARA. (27/03) Salah satu pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat adalah pemberdayaan Ekonomi untuk UMKM dengan melakukan pendampingan usaha dan pemberian modal. Pemberdayaan Ekonomi pun dilakukan di Desa Berdaya Bojanegara, salah satu penerima manfaat pemberdayaan Ekonomi ini adalah Surati (58 th), seorang janda produktif binaan Rumah Zakat yang tinggal di Sigaluh Banjarnegara Jawa Tengah ini memiliki usaha menjahit dan hand craft.

Walau usianya sudah tidak muda lagi tapi Rati – panggilan akrabnya- selalu semangat dalam menjalankan usahanya karena ia berazam untuk menyekolahkan ke 5 anaknya minimal sampai pendidikan sekolah menengah atas, kini tinggal 2 anak lagi yang sedang bersekolah di SMK. menurut Fasilitator Desa Berdaya yang mendampinginya, Rati adalah orang yang kreatif, sejak menjahit tidak bisa dijadikan penghasilan utama karena banyaknya pesaing ia mulai belajar kerajinan secara otodidak bahkan ia sering berineternet di perpustakaan desa untuk belajar handy craft.

“Mba Rati adalah orang yang kreatif, sejak ditinggal suaminya, awalnya jadi buruh di kebun, setelah itu karena Mba Rati mempunyai hobi menjahit ia membuka usaha menjahit, akan tetapi karena banyak nya pesaing, sekarang beralih ke kerajinan tangan, Karena bakatnya yang sudah ada sehingga Mba Rati pun bisa mencontoh apa yang dilihatnya dari belajar di ineternet di perpustakaan desa” Ujar Yekti Nunihartini, Fasilitator Desa Berdaya Bojanegara.

Dari bakatnya, kini ia sudah bisa mebuat karya kerajinan dari tali kur dan akrilik seperti tas, juga beberapa kerajinan seperti tempat tisu, bunga dan lain sebagianya.

“Kadang dari penghasilan saya menjahit kecil-kecilan dan dari pesanan membuat tas masih kurang untuk membiayai anak-anak sekolah, tapi saya yakin, rejeki Insyaalah akan bisa datang dari mana saja yang saya tidak duga”. kata Rati bersemangat.

Sekarang produksi tas nya tergantung pesanan, Ia pun masih kekurangan modal untuk membeli bahan-bahan yang di butuhkan sehingga Rumah Zakat melakukan pendampingan dan memberikan bantuan Modal untuk usahanya. Ia pun berterima kasih karena bantuan modal yang diberikan kepadanya ia bisa memajukan usahanya.

“Terimaksih Rumah Zakat, Alhamdulilah saya bisa melanjutkan usaha saya,” ujar Rati bahagia.

Newsroom
Rico Ayatul Yuza / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi