PRAKTEK MEMBUAT SABUN MANDI DI SEKOLAH IBU KRATON ULO JAJAR

SURAKARTA. Sabtu (19/08), Sekolah Ibu Kraton Ulo mempraktekan pembuatan sabun mandi. Sekolah Ibu Krato Ulo sendiri merupakan kegiatan rutin yang diadakan satu bulan sekali oleh ibu-ibu di Kampung Kraton Ulo Jajar. Kegiatan pembinaan ini merupakan sarana pembinaan masyarakat menyangkut masalah spiritual, parenting, skill ketrampilan dan segala urusan mengenai perempuan.

Kegiatan ini sudah lama diinisiasi oleh ibu-ibu pegiat di Kraton Ulo Jajar di Masjid Al Mukmin Kraton Ulo Jajar. Arif Nur Rohim, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Berdaya Jajar bersinergi dengan memberikan support dana untuk pembelian peralatan pembuatan sabun mandi, seperti ember, alat aduk, takaran, dll.

Pada kegiatan sekolah ibu kali ini, bertemakan ketrampilan “Membuat sabun mandi” yang dipandu oleh ibu Dr. Maria Ulfa, S.Si, M.Si yang merupakan dosen FKIP UNS yang sedang menjalankan tugas dari kampus untuk melakukan pengabdian masyarakat.

Sekitar 29 orang terbagi kedalam 5 kelompok mempraktekan pembuatan sabun mandi yang masing-masing memiliki tugas sendiri. Setelah proses selesai, adonan sabun mandi tersebut diendapkan selama 10-14 hari agar mengeras & PH basanya turun.

” Wah baru kali ini tau tentang bagaimana membuat sabun dari minyak goreng dicampur beberapa bahan kimia, 2 minggu lagi baru panen”, sahut bu Hartini salah satu peserta yang hadir.

“Semoga kegiatan ini terus memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi para ibu dalam pembinaan rutin setiap bulannya,” Ujar Arif.

Newsroom/Kuna
Surakarta

 

Tags :
Konfirmasi Donasi