RZ TURUNKAN 21 RELAWAN EVAKUASI LONGSOR BANJARNEGARA

evakuasi banjarnegara.RZBANJARNEGARA. Memasuki hari keenam longsor yang terjadi di Banjarnegara, RZ (Rumah Zakat) menurunkan 21 relawan untuk melakukan evakuasi korban longsor. Posko Utama RZ yang berada di TPQ Darussalam Kautsar, Dukuh Alian, Desa Ambal, Kec. Karangkobar, Banjarnegara masih bersiap siaga memberikan pelayanan kepada warga. Aksi siaga sehat, penyaluran logistik serta makanan pun masih dilakukan. RZ telah melakukan penyaluran 60 kaleng susu kental manis, 60 buah selimut, 36 paket alat mandi, 14 dus air mineral serta 6 buah sekop.

“Cuaca ekstrem masih sering terjadi di lokasi bencana. Saat ini sebanyak 588 jiwa yang berada di Dusun Slimpet, Desa Tlaga, Kecamatan Punggelan, terpaksa harus mengungsi untuk mencari daerah yang lebih aman. Hal tersebut disebabkan tebing yang berada di sekeliling wilayah tersebut telah mengalami rekahan sehingga kapan saja longsor bisa terjadi,” ujar Bayu, salah seorang relawan RZ yang bertugas di lapangan, Rabu (17/12).

Selain memberikan bantuan berupa pangan, bantuan medis, RZ juga menyediakan 3 mobil ambulans yang stand by di sana. Tim Trauma Healing yang dibentuk oleh Relawan RZ pun mulai beraksi menyelenggarakan berbagai kegiatan edukatif agar bisa mengurangi trauma yang mungkin menghinggapi korban selama masa bencana, khususnya anak-anak.

“Sejauh ini kami masih terus berkoordinasi untuk evakuasi korban, mengingat medan yang masih rawan longsor dan proses pengidentifikasian jenazah yang masih terus berlanjut,” ungkap Herlan, koordinator Relawan RZ.

Hingga sekarang jumlah pengungsi yang terdata sebanyak 1.146 jiwa dan tersebar di 10 titik pengungsian. Sedangkan jenazah korban yang telah ditemukan dan berhasil diidentifikasi sebanyak 64 orang, sementara itu 6 orang belum ditemukan identitasnya. Bantuan yang sampai saat ini masih amat diperlukan di antaranya baby kits (minyak telon, bedak bayi), detergent, pakaian dalam wanita dan pria (dewasa), kaos kaki dan pakaian bayi, pembalut dan dapur umum untuk pengadaan air panas.***

Newsroom/Sari A Rahmawati
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi