SENYUM MANDIRI RUMAH ZAKAT LEJITKAN POTENSI KHAS GONOHARJO

GONOTIMUR. Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengunjungi 3 rumah pengrajin gula aren, kolang-kaling dan atap rumbia pada Senin (15/08). Ketiga produk tersebut dihasilkan dari pohon Aren. Kolang-kaling adalah buah dari pohon aren dan rumbia berasal dari daunnya. Selama ini ketiga pengrajin mengerjakan produksi secara tradisional. Meski tidak cepat basi, namun pengemasan yang tidak tepat juga berpengaruh pada umur kualitas produk. Kendalanya lagi adalah pemasaran didominasi oleh tengkulak.

Istikomah, Yumri dan Sirriyah sudah puluhan tahun menjadi pengrajin. “Harga jual kolang-kaling turun dari 10.000 menjadi 8000 per kilo. Untuk 1 pikul kolang-kaling mentah bisa diproduksi hingga 30 kg.” tutur Yumri.

Sekali panen membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun. Istikomah menambahkan, “Gula aren khas Gonoharjo sudah sejak lama di cetak menggunakan bathok kelapa”.

Sirriyah yang juga ibu dari Yumri membuat anyaman rumbia. Dia mengerjakan milik tetangga yang memiliki stok daun rumbia lebih banyak. 100 anyaman rumbia yang sudah jadi dihargai senilai Rp35.000. Dalam sehari Sirriyah hanya dapat mengerjakan 15 anyaman rumbia.
Program Senyum Mandiri ini diharapkan menjadi inisiatif untuk mengembangkan usaha produk lokal Gonoharjo menjadi lebih maju.

 

 

Newsroom/Dani S
Gonotimur

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi