TAWARKAN SOLUSI, RUMAH ZAKAT SOLO LUNCURKAN SEDEKAH SAMPAH

TAWARKAN SOLUSI, RUMAH ZAKAT SOLO LUNCURKAN SEDEKAH SAMPAHTRIBUBSOLO.COM, SOLO – Rumah Zakat Solo meluncurkan program Sedekah Sampah di RW 37 Kampung Ngemplaksutan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (26/02).

Public Health Officer Rumah Zakat Solo, Joko Adianto, mengatakan, peluncuran program tersebut untuk memutus rantai sampah kemasan yang selama ini hanya dibuang dan tidak bermanfaat.

“Sampah kemasan ini tidak bisa hancur selama puluhan tahun, makanya kita mau putus rantai itu biar tidak ngumpul lagi di TPS (Tempat Pembuangan Sampah), ke pengepul sampah dan jadi sampah lagi,” katanya kepada TribunSolo.com, dalam peluncuran program Sedekah Sampah.

Peluncuran program Sedekah Sampah dihadiri ratusan warga Kelurahan Mojosongo.
“Ini adalah semangat untuk melakukan sedekah sampah di mana warga memilah sampah kemudian disetorkan ke pengurus bank sampah,” terang Joko.

“Dari hasil penjualannya kemudian disalurkan untuk dana sosial masyarakat,” kata dia.
Sampah organik dimanfaatkan untuk pembuatan kompos.

Sedangkan sampah kemasan dimanfaatkan untuk produk kerajinan atau ecobrick (bata yang ramah lingkungan). Ecobrick dibuat dengan cara memasukan plastik-plastik bekas ke dalam botol bekas hingga padat dan botol menjadi keras.

Sumber: http://solo.tribunnews.com/2017/02/26/rumah-zakat-solo-luncurkan-program-sedekah-sampah-di-kampung-ngemplaksutan-mojosongo

Tags :
Konfirmasi Donasi