10 BANGUNAN PALING IKONIK DI DUNIA

ka-bah-_160616071713-293Anda pasti senang menikmati sebuah pemandangan indah seperti tanah yang subur hijau, saju yang menyelimuti pengunungan, bunga-bunga mekar dan air sungai yang tenang menyegarkan. Dari pencakar langit dari New York hingga pulau-pulau buatan Palm Dubai, dari Tokyo ke Alaska, ada sejumlah struktur dan bangunan hasil buatan manusia. Dari semua itu, Wonderlist merangkum 10 bangunan paling ikonik di dunia.

Ka’bah
Ka’bah adalah salah satu tujuan ziarah Muslim paling suci di dunia. Struktur berbentuk kubus ini terletak di tengan masjid paling suci umat Islam, Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Struktur ini menjadi kiblat, arah seluruh Muslim dunia ketika melakukan sholat.

Bangunan yang identik dengan hitam ini terbuat dari granit ini memiliki tinggi 13,1 meter dengan sisi berukuran 11,03 dan 12,86 meter. Di dalam Ka’bah, lantai terbuat dari marmer dan batu kapur.

Taj Mahal
Taj Mahal merupakan keajaiban arsitektur yang terbuat dari marmer putih. Terletak di tepi sungai Yamuna di Agra, India, bangunan ini dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri tercintanya Mumtaz Mahal. Dipimpim oleh arsitek Ustad Ahmad Lahauri, butuh sekitar 22 ribu laki-laki 17 tahun untuk membangun Taj Mahal.

Ini menjadi sebuah karya arsitektur Persia dan Mughal. Bangunan ini memiliki keistimewaan melalui warnanya. Perubahan dari rona merah muda di pagi hari, putih susu di malam hari dan emas di malam hari ketika diterangi bulan disebut menyerupai perubahan suasana hati Shah Jahan. Sekitar delapan juta wisatawan mengunjungi Taj Mahal tiap tahunnya. Bangunan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1983.

Burj Khalifa
Gedung pencakar langit 829,8 meter di Dubai ini adalah struktur tertinggi di dunia dan salah satu bangunan paling ikonik di dunia. Bangunan ini dirancang oleh Adrian Smith dan pembnagunannya dimulai pada 2004 hingga 2009. Desain menara ini terinspirasi oleh bentuk bunga Hymenocalliis.

Burj Khalifa diresmikan pada 2010 sebagai bagian dari proyek Dubai Downtown. Ada hotel, tempat tinggal dan laboratorium pengamatan di bangunan dengan 163 lantai tersebut. Selain menjadi gedung tertinggi di dunia, bangunan ini juga mendapat predikat dek observasi luar ruang tertinggi di dunia, lift dengan jarak perjalanan terpanjang di dunia, layanan lift tertinggi di dunia, dan lainnya.

Shard
Shard dengan tinggi 309,6 meter dan 95 lantai menjadikannya gedung pencakar langit di London, Inggris. Pembangunan Shard dimulai pada 2009 dan selesai pada 2012. Shard diresmikan oleh Perdana Menteri Qatar saat itu Hamad bin Jaber Al Thani.

Katedral Brasilia
Katedral Brasilia adalah karya seni keagamaan modern di Brasilia, Brasil. Ini adalah katedral Katolik Roma yang dirancang Oscar Niemeyer. Konstruksi dimulai pada 15 September 1958 dan selesai pada 21 April 1960.

Setelah beberapa penundaan, katedral secara resmi dibuka pada 31 Mei 1970 oleh Kardinal D. Eugenio Salles. Bangunan ini dinyatakan sebagai monumen bersejarah dan artistik nasional pada 15 Juli 1990.

Casa Mila
Casa Mila dikenal sebagal La Pedrera dirancang oleh Antoni Gaudi untuk pasangan kaya Roser Segimon dan Pere Mila di Barcelona, Spanyol. Butuh enam tahun untuk membangun struktur dari 1906 hingga 1912. Bangunan ini dikritik karena desai yang berani dan modernistik ketika dibuat.

Bangunan terbuat sepenuhnya dengan batu alam dan tidak memiliki garis lurus. Saat ini, bangunan menjadi markas Fundacio Catalunya-La Pedrera dan pusat budaya untuk sejumlah kegiatan. La Pedrera dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1984.

Notre Dame de Paris

Notre Dame de Paris atau wanita Paris kami adalah katedral Katolik. Monumen megah sepanjang 130 meter, lebar 48 meter dan menjulang setinggi 35 meter dibangun pada 1163. Kerusakan membuat bangunan mengalami banyak pemulihan. Bentuk akhir yang saat ini kita lihat adalah seperti yang dilihat pada 1345.

Ini adalah bangunan paling ikonik di Paris dan tidak diragukan lagi, salah satu bangunan paling ikonik di dunia. Katedral ini merupakan salah satu bangunan pertama di dunia yang menggunakan sudut terbang dan dianggap sebagai salah satu contoh terbaik konstruksi gothik Prancis.

Empire State Building
Berdiri tegak 1.250 kaki, Empire State Building merupakan bangunan 102 lantai yang menghiasi langit Manhattan. Butuh satu tahun 45 hari untuk menyelesaikan bangunan yang dirancang oleh William F. Lamb ini.

Sebenarnya, bangunan ini memiliki 103 lantai yang bisa diakses dari lantai ke-102. Namun membutuhkan izin khusus dari manajemen gedung untuk mengunjungi lantai tertinggi bangunan ini. Empire State Building menerima rating Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) emas pada September 2011 dan merupakan rating tertinggi di bangungan bersertifikat LEED di Amerika Serikat.

Menara Eiffel
Dibangun pada 1889, menara ini merupakan hasil dua insinyur Maurica Koechlin dan Emile Nouguier untuk pintu masuk ke Pameran Dunia 1889. Menara ini diberi nama Eiffel terinspirasi dari Gustave Eiffel, yang perusahaannya merancang dan membangun menara tersebut. Ia juga insinyur dan arsitek di belakang pembangunan menara ikonik ini.

Menara besi kisi setinggi 324 meter dan berat 10.100 ton ini adalah monumen paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih dari tujuh juta orang datang setiap tahun. Butuh waktu dua tahun dua bulan dan lima hari untuk menyelesaikan pembangunan.

Awalnya ditujukan untuk berdiri hanya selama 20 tahun sejak pembangunannya, tapi dengan segera menjadi monumen paling ikonik du dunia.

Sydney Opera House

Dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2007, Opera House adalah salah satu bangunan paling ikonik dunia. Berdiri tegak setinggi 185 meter dengan lebar 120 meter, gedung ini dirancang oleh arsitek Denmark Jorn Utzon setelah mengalahkan 232 desain lainnya dalam kompetisi desain internasional 1957.

Utzon menerima hadiah sebesar lima ribu poundsterling. Pekerjaan bangunan dimulai dua tahun setelah kemenangannya dengan 10 ribu pekerja bangunan. Sampai saat Opera House selesai, biaya proyek mencapai 102 juta dolar Australia. Gedung resmi dibuka pada 20 Oktober 1973.

Paul Roebson adalah orang pertama yang tampil di Sydney Opera House pada 1960. Sekitar 30 ribu acara berlangsung di sini setiap tahun dan dikunjungi sekitar delapan juta orang.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi