2000 SIAGA GIZI UNTUK KORBAN LONGSOR

BANDUNG. Memasuki hari kelima pasca longsor Dewata di Ds. Tenjojaya Kec. Pasir Jambu Kab. Bandung, Rumah Zakat bersama Perusahaan Gas Negara (PGN) kembali mengirimkan bantuan untuk para pengungsi korban longsor dengan mengirimkan 2000 kaleng Siaga Gizi Nusantara, Minggu (28/2). Dengan menggunakan dua armada mobil angkutan dan satu ambulans, sebanyak 10 relawan melakukan aksi Siaga Gizi di lokasi bencana bersama dengan tim dari pemerintah seperti Taruna Penganggulangan Bencana (Tagana) Dinas Sosial Jabar.

Kedatangan Siaga Gizi Nusantara untuk para pengungsi di saat seperti sekarang ini diakui bisa menambah asupan makanan. “Selama di pengunsian saya hanya makan alakadarnya, kebanyakan makan mie instant,” ujar Wawan (40), korban selamat yang berlindung di tenda seadanya.

Kondisi cuaca yang ekstrim membuat para pengungsi rentan terhadap penyakit, seperti bronchitis. Tentunya faktor makanan pun menjadi penyebab rentannya penyakit menyerang para pengungsi.

Posko yang didirikan Dinas Sosial Jabar ini menampung semua bantuan mulai dari makanan, pakaian dan obat-obatan. Sampai saat ini jumlah pengungsi sudah mulai berkurang karena mereka trauma dan kembali ke kampung halamannya.

Dari hasil pantauan relawan Rumah Zakat hingga kemarin, pengungsi sudah harus segera diperiksa kesehatannya. Begitu pun logisktik masih banyak diperlukan seperti pakaian dalam, baju dan susu bayi.***

Newsroom/Yudi Juliana
Regional JABAR

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi