[:ID]3 TIPS MUDAH BANGUN RASA PERCAYA DIRI[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Semua orang pasti mempunyai rasa percaya diri, namun tidak setiap orang bisa meningkatkan dan menjaga rasa percaya diri yang mereka miliki. Bagi sebagian orang, percaya diri adalah modal kuat untuk menaklukan masa depan. Namun, tidak jarang ada beberapa orang yang memiliki tingkat percaya diri yang rendah sehingga seringkali mereka merasa malu dan kurang pede.

Berada di usia 20 tahun, rasa percaya diri yang kuat tentu sudah harus dimiliki. Ketika percaya diri itu ada, maka apapun aktivitas yang dilakukan akan selalu berjalan dengan lancar. Dengan begitu, orang lain yang melihat pun juga akan merasa nyaman melihat aktivitas Anda.Orang yang tidak percaya diri, sering sekali terlihat membatasi kemampuan mereka. Sebab, mereka menganggap bahwa dirinya bukan siapa-siapa dan tidak memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka merasa minder dan tertutup dengan kehidupan sosial.

Tak perlu khawatir, untuk menumbuhkan rasa percaya diri tidaklah sulit yaitu asalakan ada kemauan terus belajar. Bila saat ini masih bingung mau mulai dari mana, berikut ini ada lima tips mudah untuk membangun rasa percaya diri pada diri Anda.

1. Belajar Akui Kesalahan
Jangan merasa takut disalahkan bila terlibat dalam suatu masalah di kantor, baik itu karena kesalahan diri sendiri ataupun bersama rekan-rekan kerja. Ada baiknya jangan memendam kesalahan hingga lama. Hal ini tentu akan menambah kondisi diri semakin memburuk. Maka, segeralah berterus terang terhadap rekan kerja atau atasan sekalipun. Sampaikan semuanya dengan jujur dan dengan penuh keyakinan.

Bila suatu permasalahan disampaikan dengan gugup, maka lawan bicara akan merasa tidak yakin dengan semua hal yang telah dijelaskan. Jangan lupa selalu perhatikan tata cara bicara kepada siapapun, khususnya kepada atasan atau rekan kerja yang memiliki jabatan lebih tinggi.

2. Berhenti Membandingkan
Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Rekan kerja yang saat ini lihat sangat menarik, pasti memiliki sisi kelemahan di yang ada pada dirinya. Oleh sebab itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan siapapun.

Pada umumnya membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat sedih dan semakin terpuruk karena pada dasarnya Anda tidak akan bisa sama dengan siapapun juga. lebih baik, tonjolkan kelebihan untuk menutupi kekurangan atau kelemahan yang ada pada diri. Asahlah kemampuanmu dan tunjukkan kepada semua orang di sekelilingmu bahwa kelebihanmu juga tidak kalah menakjubkan.

3. Segera Bangkit dari Kegagalan
Mungkin Anda baru saja merasakan kegagalan, seperti hasil kerja yang tidak sesuai dengan atasan. Jangan terus-menerus menyalahkan diri tetapi berikanlah diri apresiasi atas hasil kerja walau tidak sesuai dengan harapan. Setelah itu, mulailah bangkit dan cepat perbaiki diri.
Tumbuhkan Percaya Diri Sejak Dini

Menggunakan barang mahal sekalipun tidak akan menjamin seseorang akan langsung memiliki rasa percaya diri yang kuat, sebab percaya diri dibangun pada dalam diri seseorang. Oleh karena itu, bangunlah kepribadian yang positif sehingga rasa percaya diri bisa tumbuh secara alami. Jangan tanya menyoal waktu yang tepat untuk berubah, lakukanlah sejak dini dengan terus melakukan yang terbaik kepada diri sendiri.[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia