437 KORPORAT BERSINERGI DENGAN RUMAH ZAKAT

JAKARTA. Sebanyak 437 korporat dari Aceh hingga Papua telah bekerjasama dengan Rumah Zakat untuk membantu masyarakat kurang mampu melalui 4 rumpun program antara lain kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan di tahun 2011. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 9% dibandingkan dengan tahun 2010.

“Alhamdulillah di tahun 2011 Rumah Zakat mendapat kepercayaan dari 437 korporat untuk mengelola dana Corporate Social Responsibility (CSR) sampai payroll zakat karyawan mereka. Dana tersebut kami salurkan untuk program-program yang bersifat produktif di wilayah binaan,” tutur CEO Rumah Zakat Nur Efendi (7/2).

Adapun pada Januari 2012 lalu, Rumah Zakat telah menjalin sinergi dengan 70 korporat. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 34% dibandingkan dengan Januari 2011 dan meningkat sebesar 27% dibandingkan Januari 2010. “Kami memiliki target untuk menjalin sinergi dengan lebih banyak korporat di tahun ini. Tujuannya tidak lain agar ada lebih banyak mustahik yang dapat kami bantu,” ujar Nur Efendi.

Diakui Nur Efendi, dana yang dihimpun Rumah Zakat di tahun 2011 yang mencapai Rp146 miliar, sebesar 16% berasal dari korporat. Untuk di tahun ini Rumah Zakat memiliki target Rp343,8 miliar, dan diperkirakan hingga 20% sumber dananya berasal dari korporat.

Dari Sekolah Hingga Jajanan Pasar

Penyaluran dana CSR dilakukan di wilayah binaan Rumah Zakat atau yang dikenal dengan Integrated Community Development (ICD) melalui berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Di bidang pendidikan, PT Pelindo II bersinergi dengan Rumah Zakat mendirikan SD Juara di Cakung Jakarta Timur. Sementara Organization Islamic Conference (OIC) bersinergi untuk membantu menyediakan beasiswa bagi 1000 anak yatim di Aceh.

Adapun PT Indosat, PGN, dan Peruri menjalin sinergi di bidang kesehatan melalui penyediaan Armada Sehat Keluarga (AMARA) yang beroperasi hingga ke daerah pedalaman Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. “Semoga kegiatan pengobatan seperti ini diadakan lagi di sini,” ujar Boris (27), salah satu penerima manfaat aksi Mobil Sehat Klinik Keliling Indosat di Tamalate Kota Makassar.  

Sementara itu di bidang ekonomi bank bjb, PLN, MT Telkomsel, memberikan bantuan berupa pelatihan hingga suntikan modal bagi para mustahik yang dibina Rumah Zakat. Salah satu pelatihan yang diberikan adalah membuat makanan ringan yang memiliki nilai jual tinggi seperti kecimpring, comring, stik sayuran, hingga aneka kue khas daerah. “Alhamdulillah kita sampai kewalahan nerima order comring,” ujar Suryadi, Member Relationship Officer (MRO) Rumah Zakat di wilayah ICD Cimenyan Bandung.***

Newsroom/Media Relation

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi