5 CIRI HEWAN YANG LAYAK UNTUK KURBAN

maxresdefault2Idul Adha merupakan momen penting untuk mengenang peristiwa besar yang dialami Ibrahim untuk membuktikan kebesaran imannya kepada Tuhan. Perayaan Idul Adha ini juga selalu diwarnai dengan menyembelih hewan kurban.

Hewan ternak yang akan dikurbankan haruslah masuk ke dalam kategori hewan kurban yang sehat. Jika hewan yang dikurbankan adalah hewan ternak yang sehat, maka Anda akan mendapat balasan yang setimpa saat di akhirat kelak. Lalu, hewan ternak seperti apa yang layak untuk dikurbankan?

Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak ciri-ciri berikut ini:

1. Hewan harus sehat dan tidak cacat
Hewan ternak yang layak dikurbankan harus sehat dan tidak cacat. Hewan yang cacat, seperti terbakar atau telinganya robek, tanduknya patah hukumnya adalah makruh. Untuk itu, pastikan hewan yang Anda beli adalah hewan kurban yang sehat dan tidak cacat.

2. Nafsu makannya baik
Hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang baik adalah salah satu ciri ternak yang sehat. Gejala awal ternak yang sakit adalah penurunan nafsu makan. Jika di depan hewan ternak tersebut terdapat makanan dan dia tak mau memakannya, maka dipastikan hewan tersebut sedang sakit.

3. Banyak gerak atau aktivitas
Banyaknya gerak atau aktivitas ternak dapat menjadi salah satu indikator kesehatan ternak. Jika ternak banyak bergerak, maka dipastikan sehat. Sedangkan, ternak yang cenderung kurang agresif merupakan ciri ternak yang tidak sehat. Selain itu, hewan yang sehat juga akan merespon saat Anda menyentuhnya.

4. Sorot matanya bersih dan cerah
Ternak sehat memiliki sorot mata yang bersih dan cerah, kondisi mata baik, bersih, dan tidak mengidap kelainan-kelainan mata, seperti berair, bercak kemerahan, ataupun terdapat kotoran di sudut matanya. Jika ternak sehat, maka pupil mata akan bereaksi jika ada pergerakan cahaya di depannya.

5. Rambutnya tidak kusut
Ternak yang sehat memiliki rambut yang tidak kusut, halus, bersih, tidak kusam, dan mengkilap. Selain itu, kulit ternak juga elastis dan tidak ada luka fisik. Secara normal, rambut ternak memang rontok ketika ditarik, namun jumlahnya tidak banyak. Perlu Anda ketahui bahwa kerontokan bulu dalam jumlah banyak merupakan ciri hewan yang tidak sehat dan tentunya tidak layak untuk dikurbankan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kulit hewan tersebut. Pastikan saat disentuh atau ditarik kulit ternak sangat kenyal. Saat ini hewan kurban yang sehat juga diberikan stiker bertanda “sehat”. Walaupun ada stiker tersebut, namun Anda juga harus tetap memeriksa kembali hewan ternak tersebut.

Sumber : liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi