51 MEMBER BINAAN HIDUPKAN BANK SAMPAH PONDOK SEJAHTERA

RZ LDKO CilegonTANGERANG. Bank Sampah “Pondok Sejahtera” binaan RZ bersama Mandiri Daya Insani didirikan di Selapajang Jaya RT 001 RW 03 Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Bank Sampah ini diresmikan pada tanggal 22 Mei 2014 lalu, oleh Toip selaku ketua RW dan Nur Alamsyah sebagai Lurah. Bank sampah ini didirikan bersamaan dengan acara Majelis Hikmah setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi di kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

“Sebenarnya tidak banyak kendala yang dihadapi, hanya warga bingung menentukan di mana lahan yang bisa digunakan untuk menempatkan hasil pilahan sampah. Meski ada juga warga yang belum paham tentang bank sampah dan mengira bank sampah itu seperti TPS sehingga ada ketakutan akan ada pencemaran linkungan oleh bau sampah yang mengganggu,” ucap Toip.

Namun, setelah dilakukan edukasi dan sosialisasi secara berkala, perlahan masyarakat paham tujuan dari bank sampah dan mereka juga dapat merasakan manfaat bank sampah tersebut.

Pada mulanya, masyarakat masih menjual sampah kepada pengepul keliling dan lapak terdekat yang katanya lebih tinggi harganya. Namun seiring berjalannya waktu, rutinitas dan kegiatan bank sampah dapat menarik perhatian warga sekitar. Hingga terkumpul 51 partisipan atau member binaan yang siap sedia menghidupkan bank sampah di wilayah Neglasari.

“Semoga bank sampah yang diketuai oleh Didi Darmadi ini bisa menjadi solusi untuk kebersihan lingkungan di wilayah Neglasari ini,” pungkas Toip, pendamping program bank sampah dari Mandiri Daya Insani.***

Sumber : http://www.mandiribisa.org/51-partisipan-hidupkan-bank-sampah-pondok-sejahtera#.VO64jSwxXDd

Tags :
Konfirmasi Donasi