6 CARA MENGURANGI KARBONDIOKSIDA DALAM KESEHARIAN KITA

1-polusiBerikut 6 tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi karbondioksida dalam keseharian kita:

#1. Turunkan Suhu
Bagi pengguna AC atau yang punya lemari es atau penghangat air mandi, dengan menurunkan suhu hanya dua derajat di musim dingin dan sampai dua derajat di musim panas bisa menghemat sekitar 2.000 pon karbondioksida per tahun.

 

#2. Matikan Listrik
Listrik buatan dipergunakan sekitar 44 persen dari penggunaan listrik di gedung perkantoran. Biasakan untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan apapun selama 15 menit atau lebih. Sama berlakunya untuk elektronik, matikan daya listrik dan cabut perangkat listrik saat tidak menggunakannya.

 

#3. Gunakan Air Dingin
Menggunakan air dingin dapat menghemat hingga 80 persen dari energi yang dibutuhkan untuk mencuci pakaian. Memilih daya rendah pada mesin cuci juga akan membantu menghemat air.

 

#4. Beralih Ke E-Billing (Pembayaran Elektronik)
Di Amerika Serikat, produk kertas menghasilkan persentase terbesar limbah padat perkotaan, dan tagihan hard copy saja menghasilkan hampir 2 juta ton karbondioksida. Hemat kertas dengan mendaftar untuk e-billing.
Kita juga bisa menggunakan transfer e-banking atasu mobile banking, sehingga menghemat waktu untuk pergi ke ATM serta mengurangi penggunaan kertas saat mengambil dan mentransfer uang.

 

#5. Beli Buah dan Sayuran Lokal
Bisakah kita bayangkan, berapa liter bensin yang dipakai pemasok makanan seperti buah-buahan dari Bandung ke Jakarta, dan berapa banyak gas karbon dibuang ke udara? Untuk menghemat itu semua dan mencegah polusi, biasakan membeli produk setempat.

#6. Recycle
Kita dapat mendaur ulang botol plastik, kertas, elektronik dan baterai, dan barang-barang lainnya. Pelajari bagaimana cara yang benar membuang atau mendaur ulang produk tersebut dalam mengurangi limbah konsumen.

 

Sumber : liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi