AJAK MASYARAKAT HIDUP BERSIH, FASILITATOR DESA BERDAYA ZIS INDOSAT INISIASI PROGRAM SEDEKAH SAMPAH

Salah satu program Desa Berdaya ZIS Indosat Desa Tegalurung, Balongan, Indramayu adalah ‘Sedekah Sampah’.

Dalam program ini, Fasilitator desa berdaya mengajak masyarakat untuk bersedekah lewat sampah yang punya nilai jual, seperti kardus, kemasan plastik bekas air mineral, dan lain-lain. Karena pada hakikatnya sedekah itu tidak harus berupa uang.

Sebelum dimulai program ini, fasilitator desa berdaya terlebih dahulu melakukan sosialisasi, dan untuk mengawali sosialisasi ditujukan kepada para Penerima Manfaat terlebih dahulu, di mulai dari PM BBTQ, bimbel, mentoring, KUBE, usaha pemuda mandiri dan jamaah ibu-ibu majelis taklim.

Tujuan dari sedekah sampah itu yaitu mengajak masyarakat membiasakan hidup bersih dengan memilah sampah dan membudayakan yang namanya sedekah. Harapannya dimulai dari sedekah saampah, masyarakat biasa terbiasa dengan sedekah, bukan hanya sampah tapi berupa uang juga.

Alur dari sedekah sampah dimulai dari penerimaan sampah, penimbangan, pencatatan dan penjualan kepada pengepul sampah. Dana yang di dapat dari penjualan sampah itu kembali lagi kepada masyarakat berupa, santunan untuk anak yatim, para jompo dan lain sebagainya, pada intinya bermanfaat untuk masyarakat.

Pada Ahad (19/11/17) dimulainya kegiatan sedekah sampah dari para PM BBTQ, Alhamdulillah terkumpul sekitar 9 karung, setelah ditimbang di data ada sekitar 5 Kg sampah. Fasilitator Desa Berdaya berharap semua elemen masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam program ini.

Sumber: http://wartabekasi.com/ajak-masyarakat-hidup-bersih-fasilitator-desa-berdaya-zis-indosat-inisiasi-program-sedekah-sampah/

Tags :
Konfirmasi Donasi