AJAK WARGA JAGA LINGKUNGAN DENGAN PELATIHAN KOMPOSTING

SURABAYA. Kamis pagi (20/7), para pembina Care for Teens (CFT) Surabaya mengikuti pelatihan komposting di kediaman salah satu anggota CFT, Zulfia. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill ilmu lingkungan yang nantinya akan disampaikan kembali kepada remaja binaan CFT Surabaya.

“Sebagai wadah pembinaan remaja di Surabaya yang mendalami bidang keremajaan, kesehatan, serta lingkungan, Care for Teen Surabaya binaan Rumah Zakat dan Cita Sehat ini berusaha untuk senantiasa meningkatkan kapasitas ilmu yang dimiliki oleh para pembina dan para anggotanya,” tutur Ketua Pemina CFT Surabaya, Ilham Akbar.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut, diisi oleh mahasiswa lulusan Ilmu Teknik Lingkungan UNAIR, Boanita. Ia menyampaikan materi seputar teknik dan manfaat komposting. Menurutnya, membuat kompos tidaklah sulit, cukup sediakan bahan dan alat yang diperlukan, seperti  keranjang takakura (tempat komposting), sekam, kardus, bantalan dari jaring, pupuk kompos yang sudah jadi, dan EM4.

Boanita pun mengajak para peserta untuk bisa menjaga lingkungan, “Pengolahan sampah organik bekas sisa dapur rumah tangga paling mudah diolah menjadi pupuk kompos. Mengolah kompos bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi semua bahan dan alat mudah didapatkan di toko tanaman terdekat, asal ada kemauan pasti bisa. Mari kita bersama menjaga lingkungan, salah satunya dengan mengolah sampah,” jelas Boanita.

Newsroom/Nurul Rahayu

Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi