AJARKAN KELOLA SAMPAH SEJAK DINI

YOGYAKARTA. Setiap aktifitas manusia menghasilkan sampah. Semakin tinggi aktifitas manusia secara langsung berdampak pada tinggilnya volume sampah yang dihasilkan. Peningkatan volume sampah yang tidak di kelola berdampak negatif baik lingkungan maupun kesehatan.

Pengelolaan sampah yang sederhana dapat dilakukan dengan pemilahan sampah menurut jenisnya. Pemilahan sampah ini dapat bermanfaat untuk merubah sampah dari barang yang tidak bermanfaat menjadi barang yang lebih bernilai. Siswa-siswa SD Juara Rumah Zakat telah dikenalkan untuk mengelola sampah dengan cara memilah sampah yaitu sampah organik yang dapat digunakan sebagai kompos, dan sampah anorganik seperti plastik dan sampah kertas. 

Sampah anorganik inilah perlu dilakukan upaya pengelolaan agar tidak mencemari lingkungan karena sifatnya yang tidak dapat terdegradasi. Hari ini (22/11) Dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2012, SD Juara bekerja sama dengan program kesehatan Rumah Zakat cabang Yogyakarta mengadakan barter sampah.

Dimana sampah di rumah masing-masing siswa telah di pilah dan di bawa ke sekolah untuk dapat di tukar dengan peralatan sekolah, peralatan tulis, buku, dll.  Sampah yang telah di pilah menurut jenisnya akan di jual ke pengepul, dananya digunakan untuk membeli peralatan sekolah, peralatan tulis dll.  Dalam even yang sama juga diadakan lomba pilah sampah. Sampah-sampah yang telah di campur oleh panitia akan dipilah oleh siswa. Kecepatan dan ketepatan dalam pemilahan sampah menjadi dasar penilaian pemenang lomba.

Selain konsep barter sampah juga dikembangkan program menabung sampah. Dimana siswa membawa sampah kertas/plastik dari rumah untuk ditabung di sekolah, untuk selanjutnya sampah ini di jual ke pengepul hasilnya dapat di
uangkan dalam bentuk tabungan siswa.

Berbagai upaya inovasi program pengelolaan sampah yang dilakukan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa
sekolah dasar bagaimana cara mengelola sampah yang baik dan mudah dilakukan dengan memilah sampah sesuai jenisnya dan membuat sampah menjadi barang yang lebih bernilai selain itu dengan mengelola sampah lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih.***

Newsroom/Dwi Endah
Yogyakarta

Sumber http://krjogja.com/read/151753/ajarkan-kelola-sampah-sejak-dini.kr

Tags :
Konfirmasi Donasi