AKSI DI PEKAN KEDUA, 12000 PAKET MAKANAN TERDISTRIBUSI

BANDUNG. Sudah dua pekan lebih posko banjir Rumah Zakat di Kp. Muara Kel. Andir Kec. Bale Endah Kab. Bandung beroperasi. Hingga hari ini, Senin (22/3), relawan Rumah Zakat masih membantu proses evakuasi dengan pengadaan makanan berat untuk para pengungsi. Rumah Zakat telah menyalurkan 12000 nasi bungkus yang di dalamnya terdapat lauk pauk kornet Superqurban. Di samping itu juga bantuan berupa pakaian layak pakai dan obat-obatan terus didistrubusikan.

Banjir pasang surut yang terjadi akhir-akhir ini lebih parah ketimbang dengan banjir tahun-tahun sebelumnya. Karena sudah menjadi langganan banjir, hampir semua rumah di pesisir sungai Citarum memiliki ruang tempat tidur diatap langit-langit, ruangan ini digunakan dikala air mulai naik. Tapi banjir kali ini airnya mencapai genting rumah.

Tidak kurang dari 300 bangunan terendam mencapai setinnggi genting rumah, selebihnya setinggi dada orang dewasa yang meluas di 15 RT. Setiap RT rata-rata dihuni oleh 270 KK dengan kondisi rumah yang sudah tidak memungkinkan untuk menjadi tempat berteduh lagi.

genangan air dan lumpur berpotensi menimbulkan penyakit seperti gatal-gatal, kutu air, pegal linu karena sering kedinginan, pusing dan infeksi saluran pernapasan. Hingga kemarin relawan masih terus siaga memantau perkembangan para pengungsi. Namun logistik yang tersedia mulai menipis karena semakin banyaknya warga yang ikut berlindung dan meminta jatah makan ke dapur umum Rumah Zakat.

Newsroom/Yudi Juliana
Regional JABAR

 

Tags :
Konfirmasi Donasi